Friday, July 09, 2004

waspadalah!

Minggu kemaren ada temen gw yang cerita kalo dia kecopetan! Wuah! Lumayan tuh ilang duit beberapa ratus ribu. Copet,copet. Ampun, deh. Setelah diinget-inget ternyata gw sering banget hampir kecopetan dengan berbagai trik-triknya. Mari kita urutkan satu persatu...

1. Copetnya pura-pura ngeliat ke arah lain kalau ketauan. Ni trik kuno banget. Lagian gw ngalaminnya pas smp kok!(dan sekarang gw udah mau kuliaaahhh...-amiin-..aarrggh!) Ceritanya gw lagi jalan mau naik angkot di daerah perempatan bip. Gw pake tas ransel dan pas lagi jalan, kok kerasa ada yang narik-narik tas gw. Pas balik ke belakang...eh..ada orang garuk-garuk kepala sambil ngeliat ke arah lain. Dan gw liat tas gw, kantong yang paling kecilnya udah setengah kebuka. Alhamdulillah, didalemnya gak ada apa-apa. Jadi, si copet cuma dapet angin doang!Huehuehue...

2. Copetnya bawa tas gede atau jaket trus nutupin tas kita. Ini juga trik yang udah serrrrrrrriiiiiiinnnngggggg banget. Orang-orang udah pada tau lah. Kalo copet yang ini, gw ngalamin pas diangkot margahayu-ledeng. Gw bawa tas ransel yang gak ada isinya, cuma duit ongkos doang. Jadi, waktu itu, ada seorang penumpang pria membawa tas yang cukup panjang dan besar duduk di sebelah gw. Ya, gw gak ada prasangka apa-apa dong, biasa aja. Abis gitu, gw ngelamun...huehuehue..trus kerasa tas gw gerak-gerak. Lho?lho? kenapa nih? Tiba-tiba gw tersadar dari lamunan. Pas diliat, kantong tas gw udah kebuka 1/3 nya dan pas gw tarik tas gw, sekilas gw ngeliat tangan yang cepet-cepet dimasukin di bawah tas orang yang duduk disebelah gw! Nah, pas ketauan gitu, si copet mengalihkan pandangannya ke arah depan. Gw pandangi dengan tatapan sinis tu copet. Kurang ajar! Rese dah!

3. Kalau yang ini copetnya banyakan. Waktu itu, gw pulang sekolah, naik angkot kalapa-ledeng. Pas gw naik, kira-kira ada 3 orang pria naik juga(dengan membawa tas besar tapi tipiiisss banget. Gak ada isinya kayaknya) dan 2 orang wanita. Gw, milih duduk paling pojok deket jendela. Dua orang pria duduk disebelah kanan gw, yang satu lagi, duduk didepan gw, yang 2 orang wanita tadi duduk disebelahnya. Abis gitu, gw ngeluarin permen dari kantong tas gw. Kantong paling depan. Nah, entah mengapa, kepala gw tiba-tiba menoleh ke arah kanan. Dan gw ngeliat org yang duduk disebelah gw itu, ngintip-ngintip ke dalam kantong tas gw. Pokoknya keliatan banget deh ngintipnya! Ya, gw sinis-in aja tu orang. Orangnya nyadar trus dia mengalihkan pandangannya. Wek! Dan ternyata sodara-sodara, 3 orang copet tadi ngincer 2 wanita yang duduk di depan gw itu! Jadi, 2 copet yang duduk disebelah gw, ngajak wanita2 itu ngobrol buat mengalihkan perhatian dan copet yang duduk disebelah salah satu wanita, nutupin tangannya pake tas. Kayaknya sih sedang meraba-raba tas wanita yang duduk disebelahnya. Keliatan ama gw kayak gitu, trus gw ber-ehem-ehem! Ehem! Ehem! Sebenernya gw takut waktu itu.Hehehehe..Gimana gak takut coba dikelilingi oleh 3 copet?? Gw udah niat mau turun di Banda. Pas gw mau turun, belom ngomong 'kiri!', tu copet2 udah ngomong,'kiri!' duluan. Ya udah, gw gak jadi turunnya. Pas copet2nya turun dong, lewat jendela, gw sinis-in lagi tu orang yang duduk disebelah gw. Dia ngeliat gw juga. Dan dia, sodara-sodara, meleletkan lidahnya ke gw!Weeeekkk >:P <-- begini. Idiiihhh...! Norak banget!

4. Copetnya dua orang. Gw duduk diantara keduanya. Kayaknya sih tangan mereka merajalela tapi ama gw gak kerasa tuh!Alhamdulillah...dan gw gak tahu-menahu. Selama gw duduk diangkot, ada ibu-ibu, yang duduk dipojok deket jendela, ngeliatin gw terus dengan pandangan yang cukup aneh. Duh, si ibu teh kunaon? Waktu dua orang yang duduk mengapit gw turun dari angkot. Semua penumpang pada ribut. "Aduh, tadi copet, ya.." naaahhhh..gw baru ngeh. Ibu yang duduk dipojok nanya ke gw, "aduh, de, ada yang ilang gak?". Gw geleng-geleng. Lhaaa..si ibu ini yaa..knp gak ngomong aja dari tadi gituh..(eh, gak mungkin,ya?)

5. Kalo copet yang ini,dengan trik yang begitu terkenal, gw ngalamin di angkot kalapa-dago. Gw, duduk di pojok, yang deket sopir. Trus, ada 3 wanita yang naik. Beberapa lama kemudian ada seorang pria yang cukup necis, rambut klimis, kacamata, berkemeja rapi. Sebentar aja, angkotnya udah penuh. Gw duduknya dikelilingi oleh pria-pria. Yang duduk disebelah gw, pria. Yang duduk didepan gw, di 'kursi artis', juga pria. Rapeeetttt banget. Dan gw gak ada feeling apa-apa waktu itu. Abis gitu, tiba-tiba, si pria necis tadi ngeludah lewat jendela. "Huoeekkk..cuih!!". Ampun deh, jorok banget! Selang beberapa lama kemudian, si pria necis tadi mengeluarkan suara..."Huooeeekkk...huweeeekkk...hueeekk....". Oh, no! Gw baru sadar..copet!!! Langsung dong, 3 wanita tadi dan gw, "KIRII!!!". Pas gw turun, salah satu wanita tadi ngomong ke temennya:
"Elo sih, naro hape di kantong depan!"
"Ya..gw kan gak tau..."
Jantung gw dag!dig!dug!(bukan dut! ya..maaf saja..:P)
Copet yang kayak gini juga pernah dialamin ama temen sebangku gw. Dia naro hape Nokia 7650 (bayangkan!) di sakunya. Yah, sama deh, ada yang muntah-muntah gitu. Pas turun dari angkot, dia baru nyadar, hapenya gak ada. Padahal baru beli. Sayang banget.

Ternyata, setelah diitung-itung, gw cuma 5 kali ketemu copet. Gak banyak. Jangan lagi deh. Apa dalam diri gw ada magnet copet gitu ya? Plis deeehh.....

PERINGATAN: JANGAN PERNAH SIMPEN BARANG BERHARGA, BAIK DOMPET OR HAPE, DI KANTONG DEPAN! KALAU TIDAK, ANDA AKAN MENYESAL!!!

3 komentar:

Oskar said...

Ampun deh mbak...

jadi kayak ngeliatin tips dan trik mencopet... [begitu detail... begitu nyata...]

Ini blog kok di isi pengalaman orang laen sih... Mungkin gara - gara elonya emang banyakan di rumah kali ya :P

Adooooooh server gw lagi error... jadi aja gw ngeblog di sini.

ruanee said...

lho?lho? pengalaman orang lain gmn? semuanya itu gw yg ngalamin gitu lhoo...

-ay- said...

maksutnya pengalaman org lain dicopet, neng. bagus atuh lu ga dan nyaris kena walau harus menyaksikan kejadian ga enak kyk gitu. be safe later on, otre?