Monday, November 08, 2004

Nulis!

Menulis. Apa sih susahnya menulis? *susaaahh..* Tuliskan saja apa yang ada dikepalamu! Curahkan apa yang ada dalam hatimu! Apa susahnya?

Menulis membuat orang peka kepada lingkungannya. Membuat orang lebih memperhatikan apa yang terjadi di sekelilingnya. Apa yang ditulis dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan (seseorang). Bahan tulisan tak ada lain berasal dari peristiwa-peristiwa yang terjadi atau mungkin ingin terjadi. Imajinasi. Fiksi.

Eksplorasi. Eksplorasi lebih jauh. Lebih dalam. Kembangkan. Tulis.

Untuk sebagian orang menulis mungkin merupakan pekerjaan yang sulit. Kertas sudah di hadapan mata, pena sudah di tangan. Atau kursor komputer sudah berkedip-kedip. Menunggu. Menertawakan. Cih. Tapi, apa yang terjadi? Kosong. Kertas tetap putih (kalau memakai kertas putih) dan layar tetap bersih.

Untuk sebagian yang lain, menulis adalah kehidupannya. Tiada hari dilewatkan tanpa menulis. Menulis dengan lancar, bebas, tanpa hambatan (jalan tol, kali). Bahkan jika sehari tidak menulis, orang itu bisa sakit atau mungkin kepalanya bisa meledak karena isi kepalanya tidak dicurahkan (?).

Jadi, apa penyebab perbedaan yang mencolok itu?

Sebenarnya, gw juga ga tau.

0 komentar: