Saturday, January 08, 2005

idealis katanya...

Menjelang ujian kalkulus...
....
Gw: Eh, turunan ax apaan sih?
Tmn: ax ln a
Gw: Nah, itu tuh dapet darimana sih?
Tmn: Ga tau. Udah deh apalin aja. Ga usah terlalu idealis...
Gw: Ha?
....
Idealis? Orang yang ingin tahu asal mula sesuatu dibilang idealis?
Memangnya idealis itu apa?
Idealis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:
1. orang yang bercita-cita tinggi
2. pengikut aliran idealisme, idealisme: hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna
(Lho? Kok rada gak nyambung ya?)

Back to the topic, gw rada bingung dibilang idealis. Kenapa yang seperti itu dibilang idealis?
Mencari tahu itu idealis?
Apa kita harus apalin semuanya tanpa tahu asal mulanya?
Ilmu itu harus dimengerti, bukan diapalin.<-- idealis ya?
Ilmu itu lebih mudah diingat kalau kita mengerti.
Okelah, mungkin ada beberapa hal (kebanyakan hal) yang tidak kita mengerti dan kita terpaksa untuk menelannya bulat-bulat.
Tapi untuk sebuah turunan ax?

0 komentar: