Sunday, June 12, 2005

company visit 2005

yah, walaupun udah rada-rada basi tapi pengen nulis, banyak hal yang pengen ditulis sebenernya. it's gonna be a long entry. enjoy!

seminggu yang lalu, senin-rabu 6-8 juni tepatnya, gw ikutan company visit ke jakarta yang diadain ama himpunan. Acaranya itu kunjungan ke perusahaan-perusahaan gitu. kecuali hari terakhir, rabu, kita pergi ke dufan...hehehehe...teteup...ujung-ujungnya maen juga =D

day one, 6 june 2005.

berangkat sekitar jam 7 kurang, 4 bus. jujur sih, busnya gak terlalu bagus, cukuplah. perjalanan dimulai lewat tol cipularang. pertama kali lewat sono, biasa aja tuh * ya iyalah, tol doang gitu lho* tapi baru pertama kali ada tol yang ada tanjakannya *pake mobil biasa mungkin ga kerasa tapi kalo pake bus, kerasa banget!*. kirain bakalan cepet nyampe ternyata sama aja bung! macet soalnya. heh...panas! hal yang paling menyebalkan kalo udah di jakarta.

Microsoft
horee...first company! sedikit merasa tidak enak soalnya datengnya telat. hiks. tidak profesional =P. meskipun gitu, tetep excited. microsoft gitu lho...salah satu perusahaan software yang besar di dunia! berada di gedung BEJ, lantai 18 tepatnya. Buat nyampe ke kantornya harus naik lift, beda banget ama lift di kampus. cepet banget. hihihihi...

pertama kali kami dikumpulin di suatu ruangan trus dijelasin tentang microsoft. visi, misi, produk-produk, trus apa lagi ya? lupa. ga nyatet. abis, apa yang diterangin aja ga ngerti =P

jadi sadar, kalo gw itu ga tau apa-apa. ga ngerti apa-apa. menurut gw, dengan ketidaktahuan gw itu, gw blum pantes disebut anak IF. Emang sih, sebenernya gw blum saatnya ikutan acara ini. seharusnya tuh yang udah tingkat-tingkat akhir. tapi ga sia-sia kok, soalnya bisa jadi motivasi buat belajar lebih banyak lagi =)
selesai penjelasan, ada kuisnya, hadiahnya doooong....starbucks! oh my god...

abis gitu, diajak keliling, liat-liat kantornya. bagus banget! desain ruangannya keren banget. sangat modern, sangat berwarna, sangat berkelas. toiletnya aja bagus. belum lagi ruangan istirahatnya ada meja bilyar, xbox, dan tv berlayar datar. hahahaha...bikin ngiler aja.

ada yang bikin bingung, guidenya. wanita yang berbicara bahasa indonesia dengan aksen inggris padahal wajahnya wajah orang indonesia. bingung kan? orang ini orang indonesia yang udah kelamaan tinggal di luar negeri atau yang udah terbiasa ngomong inggris atau orang luar yang ngomong indonesia?

selain itu, ternyata banyak yang kerja disana latar belakangnya bukan IT. yang nyambut kami aja lulusan sospol. trus developernya lulusan fisika. bingung kan?

abis keliling-keliling, tentu saja, foto-foto! gila, udah di sini masa engga foto-foto sayang banget kan...

Mediagroups
hoey, second company! ga banyak yang perlu diceritain disinih. toh, ga terlalu berkesan juga. kalo kata gw sih biasa-biasa aja. cuma yang sedikit 'mengganggu' itu, di kantornya itu penuh dengan lukisan wanita. hanya wanita, seingat gw. bukan sekedar wanita, tapi a nude woman. blah! apa-apaan sih ini? temen-temen gw pada bilang,"untuk inspirasi.." blah lagi!

bagian noraknya: kita sempet foto-foto ama Desi Anwar lhoooo...hahahahaha...

Indosiar
third company everybody....maaf kalo gw menyinggung para pembaca, tapi gw harus jujur. tempatnya ga banget! duh, beda banget ama sebelum-sebelumnya, yang kami disambut dengan baik, acaranya dipersiapkan dengan baik, disini kami tuh tempatin di sebuah kafetaria dan disuruh nunggu cukup lama. serasa tidak diperhatikan. hiks. tapi pas dateng pembicaranya cukup menarik sih. about technologism. lupa-lupa inget. ng...intinya sih, gunakan teknologi sesuai kebutuhan. masih inget perkataan pembicaranya tentang canggih. kira-kira gini:
"buat saya, handphone berkamera itu ga canggih kalo kameranya dipakai sekedar foto-foto saya tapi kalo saya pake untuk keperluan kantor, penjualan, misalnya. itu baru canggih."

selesai sudah perjalanan hari pertama. kami pergi ke wisma, tempat kami nginep. ternyata sodara-sodara, tidak terlalu menyenangkan juga tempatnya. but hey, what do i expect on a 100thousands trip? just enjoy it...

day two, 7 june 2005.

IBM
huwah...terletak di jalan..jalan...gw lupa...pokoknya ada di lantai 30,31,32! hah! naik lift lagi, and again, ada yang komen, beda banget ama lift di kampus! hehehehe.
dateng-dateng, udah ada pilihan teh, kopi, atau air putih. langsung deh, kopi! =D slrrp...trus ada presentasi dari PresDir Betti Alisjahbana. kecewa gw, ternyata beliau lulusan Arsitektur ITB. Ga nyambung gitu lho...Bos-bosnya di IBM juga kebanyakan gak ada latar belakang IT. kecewa, bung...
enough for that, selesai presentasi, kami diajak keliling-keliling. diterangin tentang apa-apa aja kerjaan di IBM. Ada yang berhubungan ama financial, konsultan, penjualan, produk software dan produk hardware. again, gw ga terlalu ngerti hehehehe. tapi, pol banget deh. kami bener-bener dijamu sedemikian rupa, bener-bener dipersiapkan dengan baik. seneng!

setelah liat-liat semua perusahaan, pastilah di benak gw timbul keinginan buat kerja di salah satu perusahaan bergengsi itu. timbul juga ingatan yang dulu, sebelumnya kan ada yang ngasih saran *ada yang ngerasa? ;)* kalo setelah lulus kuliah, mendingan bikin lapangan kerja sendiri. bikin perusahaan sendiri. pengen juga sih. tapi kerja di perusahaan juga sepertinya menyenangkan. dengan berbagai fasilitas yang kita dapat, esp. gaji nya bung, menjanjikan.
gotta think about this.

hari kedua, kami cuma mengunjungi satu perusahaan. balik ke wisma, malemnya kita nonton bareng.

Saw
huwih! ni film keren abis! bener-bener ga ketebak endingnya. film jadul katanya, tapi gw ga pernah denger =P. film yang cerita tentang seorang psikopat yang ngebunuh korbannya tidak dengan tangannya sendiri. dia 'menjebak' korbannya dalam suatu 'permainan' yang mengharuskan korban untuk berusaha sendiri agar tetap dapat hidup. if you win the game, then you'll be alive. if not, then you're dead. phew...dilihat dari korban-korbannya--ada yang pecandu, suami yang selingkuh,dll (dan lupa lagi =P)-- film ini ingin berpesan kalo kita itu harus menghargai hidup kita. jadi, psikopat ini berusaha menyadarkan korbannya buat menghargai hidupnya sendiri. "he helped me..." begitu kata korbannya yang selamat.

seremnya film ini bukan karena ada hantu yang tiba-tiba muncul atau hantu yang tiba-tiba bertengger di leher *hiiii...* tapi karena cara psikopat itu membunuh korbannya. selesai nonton senior gw ngomong, "aku tuh seremnya kalo ada orang yang tiba-tiba kepikiran buat ngebunuh dengan cara seperti itu. kan serem banget!". iya juga, gimana coba kalo ada yang seperti itu? serem banget!

setelah dipikir-pikir, dalam diri kita ini emang ada insting pembunuh. ya kan? ngebunuh nyamuk, ngebunuh kecoa, ngebunuh tikus, pasti pernah kan? =P kita cenderung ngebunuh hal-hal yang kita benci. mungkin ngebunuh kecoa itu bagi semua orang adalah hal yang biasa. fine-fine aja. kita engga ngebunuh orang karena kita akan terbentur dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam kehidupan kita. at least di kehidupan gw karena sekarang ini banyak banget kasus pembunuhan. kalo ga ada nilai dan norma itu, mungkin gw akan dapat dengan mudah ngebunuh orang yang gw benci *ada ga ya?*. kok jadi serem gini...

day three, 8 june 2005.

ga banyak lah yang harus diceritain. intinya wahana yang gw ikutin itu:
1. kora-kora--asik lho...ada seremnya juga, serasa mau jatoh...
2. istana boneka--ya..ya..laugh at me. penasaran aja, udah lama ga naek ini hehehehe...
3. halilintar--yes, second time i ride it! gw bingung, antrian sebelum gw, sekali naik 5 kali puteran! sedangkan gw cuma sekali...
4. ontang-anting--biasa lah ini mah...
5. niagara-gara--asik banget...
6. rumah cermin--pusing juga liat cermin2 itu...
7. rumah miring--garing pisan!
8. carousel *bener ga sih spellingnya?* atau merry go round, ga tau juga? kuda-kudaan yang muter-muter!--wahana terakhir yang gw naikin, nyari yang ga ngantri cuma ini doang...kurang kerjaan banget ya? =P

yep, berakhirlah serangkaian acara company visit tahun ini. ga sia-sia kok gw ikut, jadi termotivasi untuk banyak belajar dan ikut lagi tahun depan. hehehehe...
makasih buat panitia yang udah nyiapin acara ini, makasih banyak =).

0 komentar: