Thursday, May 25, 2006

bigger than that

suatu hari...
di kala kita duduk di tepi pantai...

lho? kok malah nulis ini!

suatu hari...
temen: "duh, udah lama ga belajar nih! bawaannya ngantuk terus..."
myself: "ya gapapa kali..."
temen: "tapi kan ga enak kalo ga belajar..."

waow! hebat sekali temanku yang satu ini! ngerasa ga enak (lebih tepatnya, kalo diliat dari ekspresi sih, dia panik) kalo ga belajar. padahal ujian juga masih lama (waktu itu). ngeliat temenku yang seperti itu, aku jadi inget masa-masa smp. masa-masa terburuk...

dulu, aku SO (study-oriented) banget. belajar, belajar, dan belajar. sebenernya ga salah kok kalo kayak gitu. cuma, ke-SO-an ini lama-lama mempengaruhi aku. yang dipikirin tuh nilai, nilai, nilai. aku inget banget, pernah tuh waktu masa ulangan umum, aku nangis-nangis sendirian di kamar. stress.

masih dalam inget juga, setiap malam sebelum hari pertama masuk sekolah sesudah libur, aku ga bisa tidur. mikirin mulai besok kembali ke rutinitas lagi. sekolah, les, rumah, belajar. sekolah, les, rumah, belajar.

::sigh::

sampai suatu kali, aku bener-bener stress. aku cape ama semuanya. aku cape. cape. c-a-p-e. saat itu, dalam pikiranku terlintas, "ngapain sih aku idup kalo cuma gini-gini doang?"

tenang, aku ga sampai mencoba bunuh diri kok.

sewaktu sma, aku baru tahu jawaban dari apa yang terlintas dalam pikiranku itu.

belajar tuh cuma salah satu dari apa yang bisa aku lakuin di kehidupanku. tujuan aku hidup bukan cuma belajar doang. ada tujuan yang lebih besar dari itu.

sejak saat itu, hidupku terasa lebih ringan :)

home

0 komentar: