Thursday, July 13, 2006

17 Juni - Jungfraujoch

Yak, sekarang kami akan pergi ke gunung! yihiiiyy...
gunung bersalju! yuhuuu...
setelah selama ini bertanya-tanya seperti apa bentuk salju...

namanya Jungfraujoch (baca: yungfrauyoch) - Top of Europe (3454 m). Ga tau juga kenapa disebut Top of Europe padahal Mont Blanc aja masih lebih tinggi daripada Jungfrau. UNESCO sih yang menetapkan itu. Jadi, tanya ama si UNESCO aja ya! :P

perjalanan dimulai dengan naik bus yang akan membawa kami dari Zurich ke Interlaken (dinamakan Interlaken karena berada di antara dua danau, Brienzersee dan Thunersee).
sebuah daerah tempat pemberhentian sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta. Kebayang ga sih, naik ke gunung pake kereta? setelah diliat, ternyata di rel kereta ada semacam 'gigi' yang nahan kereta itu supaya engga 'jatuh' atau 'kepeleset'. Lumayan lama perjalanannya supaya sampai di Jungfrau itu. Satu kali ganti kereta di Kleine Scheidegg dan dua kali pemberhentian singkat buat ngeliat salju-salju, di Eigerwand dan Eismeer yang perjalanannya itu didalam gunung. menembus gunung gitu.

Selama perjalanan, di dalam kereta ada video yang menceritakan pembuatan tempat wisata Jungfrau ini. Ga terlalu ngerti sih, cuma liat gambar-gambarnya doang, hehe. Ternyata pembuatannya udah lama banget. Beratus-ratus taun gitu.

Sampai di Jungfrau, pertama ke Ice Palace yang ada di dalam gunung. Ice Palace ini kayak terowongan es yang didalamnya ada patung-patung es. Licin banget kalo jalan dan tentu saja, diiingiiiinnn!

Oia, guide tur ini orangnya lucu banget! ekspresif! namanya Kid Saensuk. Orang Thailand. Waktu ngobrol-ngobrol di kereta:

kid: saensuk it's a thai name. saensuk means happiness.
bpk: oh, really? are you happy right now?
kid: oh yes, im happy all the time!

nah, pas di ice palace, kami (yang ikutan tur) semua dikerjain! jadi, setelah foto-foto dengan patung es itu, kami disuruh masuk ke terowongan es yang kecil dan pendek.

"right here, everyone!"

ya ampyuunnn...jalan tuh satu-satu orang, sambil bungkuk-bungkuk. semua orang udah ngomong:

"oh my god...oh my god..."

iya dong, kebayangnya jalan selama di Jungfrau ini kayak begini. gila aja!

waktu udah keluar terowongan, tiba-tiba dari luar pintu keluar terowongan, udah ada mr.kid:

"so, do you like it there?"

heeee...ternyata ada 'jalan biasa' yang engga harus pake acara satu-satu orang plus bungkuk-bungkuk itu tadi! pengen dijitak!

abis gitu ke Plateau. nah, disini baru kita berhubungan langsung dengan dunia luar! bagaimana rasanya? kalo di Ice Palace kan diiingiiiinnn, kalo di Plateau: DUINGUIIIIIIINNNN! dan penuh salju :) tentu saja, satu koma sembilan derajat celcius, saudara-saudara!

ampun, deh. pertama kali keluar, langsung disambut angin yang menepuk-nepuk pipi. udah 3 lapis baju: kaos, sweater berleher, ama jaket (yes, jaket himpunan nyampe top of europe!), masih aja dingin. tangan tuh udah ga berasa. kukunya udah ungu, bukan merah muda lagi. akhirnya, gw bisa merasakan salju! meskipun tangan membeku...

ternyata, salju itu dingin. kayak es. *ya iyalah!*

trus, puas foto-foto, masuk ke dalam lagi. selanjutnya, melaju ke tempat yang lebih tinggi lagi. namanya Sphinx. tingginya 3571 m. Sphinx ini semacam observatorium dan weather station. ada teropong bintangnya juga. sayang ga ngeliat. kami melaju ke Sphinx dengan lift! melaju? ya, bener, melaju sebesar 18 m/s apa 16 m/s ya? lupa. jelas jauh lebih cepat dari lift di Labtek V!

dari brosur tentang Sphinx:
The arrival on the roof of Europe is a truly unique experience! A high-alpine tour, a simple stroll, skiing in eternal snow, the breathtaking views of France, Germany, and Italy from the Sphinx...

brosur itu bohong!

mana? mana? ga keliatan tuh Eiffelnya!
mana? mana? ga keliatan tuh yang lagi main bola!
mana? mana? ga keliatan tuh Pisa-nya!

sejauh mata memandang, hanya salju, salju, salju dan gunung...

selesai foto-foto di Sphinx, lalu makaaaannn. pengen main ski sih, tapi mahal. syusyah. selesai makan, beli souvenir :). selesai beli souvenir, keluar lagi. eh, ada hujan salju! tapi saljunya kecil-kecil. padat. bunyinya: tuk! tuk! tuk!. padahal, kata bapak sih, kalo hujan salju beneran di kota, saljunya kayak kapas. waaaahhhh...

*bertekad akan merasakannya. amiiin.*

selesai sampai disini. udah sore. udah ga ada lagi yang bisa diliat :P
untuk foto-foto bisa diliat di flickr, ya.
selamat menikmati :) *pemandangannya...*

home

0 komentar: