Thursday, July 20, 2006

desain layout

liburan ini rencananya pengen coba-coba bikin desain layout blog. baru terealisasi minggu ini. setelah perjuangan yang tiada henti *halah...*, akhirnya baru satu desain yang selesai.

salah satu hambatan yang terjadi diakibatkan ketidaktahuan saya atas kode background supaya tetap pada tempatnya meskipun discroll. hambatan ini bisa terpecahkan oleh zakka! te-ri-ma-kaa-siiiiiih, zakka :) *iklan sabun versi anak sd mode on*

hambatan selanjutnya yaitu gambar backgroundnya. entah kenapa setelah desain dan kode selesai, dicoba di firefox, gambarnya ga muncul. hanya textnya aja. tapi, dicoba di ie, gambarnya muncul. padahal kode layout itu hampir sama dengan kode layout blog ini dan tidak ada masalah. gambar pada layout blog ini bisa muncul di kedua browser.

pusing kan? pusing kan?

saran zakka, url gambar diganti dengan yang benar-benar url, bukan sejenis c:/blablabla/blabla.gif. gambar pun diupload. copy url, paste. buka browser dan file kode. apakah gambarnya ada? tidak ada!

pusing kan?

anehnya, beberapa lama kemudian, gambar itu muncul! setelah di-refresh berkali-kali. karena kemunculannya yang aneh itu, browser ditutup kemudian dibuka kembali. buka file kode. apakah gambarnya ada? tidak ada! apakah gambarnya ada setelah direfresh berkali-kali? tidak ada!

pusing kan? pusing kan?

pada suatu kesempatan, bertemu dengan bram di messenger. wah, ada master nih. bertanyalah saya padanya. diceritakan masalah gambar background layout yang begini, begono, begene. kirim file kode dan gambar. beberapa saat kemudian, muncul pesan:

"di browser gw muncul kok!"

haaaaahhhhh? saya ternganga. menurut bram, masalah terjadi pada url gambar. c:/blabla-nya dihapus, cukup dengan blabla.gif saja. jadi, file kode dan gambar harus dalam satu folder. lalu dicoba dan bisa! hahahahahahahahahaha...*saya memang langsung tertawa setelah gambar itu muncul :P* te-ri-ma-kaa-siiiih, bram :) *iklan sabun versi anak sd mode on*

tapi kalo sudah diupload ke blogger, url harus berubah, dong. gambar harus diupload ditempat lain untuk mendapatkan urlnya. kemarin dicoba, kan ga bisa. sekarang?

sekarang dicoba lagi dan gambar itu muncul!

heh! browser yang aaneeeehhhh!


upload kode ke blogger, modif sana-sini. liat hasilnya kok ga sreg ya? bayangkan, setelah perjuangan panjang memunculkan gambar dan berhasil, tiba-tiba saya merasa ga sreg! gila!

habis gimana dong? kayaknya polos banget gitu. jadi terlihat aneh.

akhirnya kembali lagi ke desain sebelumnya. ya, yang sekarang ini. gila!

sedikit cerita tentang desainnya. pengen ganti suasana baru. menghilangkan border, bebas, lepas. terinspirasi sama blogger yang satu ini sih. kayaknya asik aja gitu, tanpa border. tapi, ya begitu. setelah selesai, malah ga sreg. masih suka ama yang sekarang kali ya.

tapi setelah diliat-liat, ternyata bagus juga :P *narsis!*
tapi...

tetot! mengulang kata tapi...

home

0 komentar: