Tuesday, December 05, 2006

sendiri

saya suka pergi sendirian. apalagi kalo pergi ke tempat makan, duduk deket jendela, pesen es krim, makan es krim sambil baca buku. hal itu sangat menyenangkan jika dilakukan sendirian. kalo pergi bareng temen emang menyenangkan sih tapi pergi sendirian juga menyenangkan.

terkadang, saya bingung ama orang-orang. ada orang yang begitu bergantung dengan teman. kemana-mana pergi dengan teman. kalo ga ada teman, ya ga kemana-mana. ada suatu percakapan yang menurut saya sangat-sangat aneh. waktu itu saya harus membeli sesuatu di pasar baru. saya pergi sendirian. setelah sampai kampus, ada teman saya yang nanya:
"pergi ama siapa?"
"sendiri."
teman saya tersenyum. "kasihan..."

saya bingung. kenapa kasihan? perasaan biasa aja. emang kalo pergi sendirian itu perlu dikasihani ya?

ada lagi, saat saya SMA. setiap ajaran baru, pasti ada masalah tentang orang-orang yang pindah kelas. alasannya sepele banget. ga ada temen di kelas yang baru. saya selalu berpikir, kenapa sih orang-orang ini? kalo ga ada temen, ya cari lah. kenalan lah. bukannya jadi enak punya kenalan baru? temen baru? temennya jadi ga itu-itu aja. aneh.

memang, awalnya berada di lingkungan baru pasti merasa ga enak karena ga kenal ama siapa-siapa. tapi kan itu hal yang wajar. dalam kondisi seperti itu, saatnya melakukan salah satu hal yang membuat diri disebut makhluk hidup, beradaptasi.

masalah yang sama terjadi saat sibuk-sibuknya les. pilih les di sini, les di situ. waktu kelas 1 SMA, saya ikut les di suatu tempat yang emang ga terkenal tapi banyak anak sekolah swasta yang les disana. dari SMA saya, cuma saya seorang yang les di sana. ditanyakan lagi pertanyaan:
"kamu ga apa-apa sendirian?"
emang harus apa-apa ya? les kan untuk belajar. haiyah.

sekarang, setelah serangkaian kasus yang terjadi, saya bertanya-tanya.

jadi, apakah saya yang aneh karena merasa nyaman sendirian?
apakah saya begitu individualisnya sehingga saya merasa aneh dengan teman-teman saya yang begitu sosialis (penggunaan katanya tepat ga ya? maksudnya di sini, bergantung dengan teman gitu)?

home

1 komentar:

piqs said...

howhow.. tak papa.. saya juga seperti itu...