Saturday, June 21, 2008

allez cuisine!

berawal dari ibu yang harus ke luar kota dan adanya asisten rumah tangga baru yang ga bisa masak, maka..

"ya udah, saya aja yang masak!"
"oh? kamu mau masak?"
"iya! iya!"
"ok, kalo gitu nanti ibu tulis resep-resepnya, tinggal kamu ikutin."
"ok! ok!"

yak, masakan pertama adalah masakan kesukaan saya, Ati Ampela Goreng Pedas lapar.
menurut buku primbon alias buku resep yang dibuat sama ibu, untuk resep masakan ini bumbu-bumbunya yaitu:
1. ati ampela (tentu saja)
2. bawang putih dan pasangannya, bawang merah
3. garam
4. kecap
5. cabe giling matang
6. minyak goreng
7. asam jawa
untuk takaran masing-masing bumbu susah untuk ditentukan karena sesuai feeling saja ihikhik

cara masaknya:
1. goreng ati ampela sampai matang lalu angkat
2. tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
3. masukkan ati ampela, cabe giling, dan kecap
4. masukkan garam secukupnya dan asam jawa
5. aduk-aduk sampai bumbu merata, ga usah lama-lama karena ati ampela dan cabe giling sudah matang. kalau terlihat kering, masukkan air sedikit.

naaaah...saat memasak yang terjadi adalah:
1. ati ampelanya sedikit gosong sedih
2. bawang merah dan bawang putih kebanyakan
3. ternyata, ibu ga nyiapin cabe giling doooong dong dong doooong...
akhirnya, asisten mengusulkan untuk berimprovisasi:
"ya udah, pake cabe ini aja, diulek gitu," sambil nunjukin cabe merah panjang-panjang yang ada di kulkas.
"ya deh, terserah..."
4. setelah cabe dimasukkan, bertanyalah saya:
"terus, sampe kapan nih ditunggunya? taunya cabe udah mateng gimana?"
karena udah mulai khawatir, ati ampela udah kelamaan di atas wajan, nunggu cabe diulek dulu. padahal resepnya ga usah lama-lama masaknya...
"yaa...sampe...kuning gitu..."
"ha?"
"ah, ga tau ah..."
gelakguling

ya sudahlah yaaaaaaa...feeling mengatakan diangkat, ya diangkat sajaaaa...


meskipun bentuknya ga jelas gitu, masih bisa dimakan kok, masih bisa diterima di lidah sengihnampakgigi
sampai jumpa di resep berikutnya! babai

home

0 komentar: