Wednesday, June 18, 2008

"udah harga pas, bu.."

setelah beberapa hari saya belanja bareng ibu, saya perhatikan trik-trik yang dilakukan saat melakukan tawar-menawar dengan pedagang. dialog yang terjadi antara -sebutlah- si Abang (kan orang PADANG: PintAr DagANG) dan seorang ibu yang memiliki keinginan kuat untuk mendapatkan barang dengan harga semurah-murahnya kira-kira seperti ini:

Abang(A): cari apa bu?
Ibu(I): x ada?

sebutlah x sebagai barang yang mau dibeli.

A: oh, ada. ini, bu.
I: berapa nih?
A: y

sebutlah y sebagai harga barang.

I: ah, masa segitu. setengah-y, ya!

nah, disini mulai permainan tawar-menawar. tawar dengan harga setengahnya!
kejam memang, tapi kita kan ga tau harga produksinya berapa. sayangnya, dari semua toko yang saya datangi, ga ada tuh yang berhasil sepakat dengan tawaran setengah harga
jelir

A: yah, ga dapet, bu, kalo segitu...

I: ya jadi berapa pas-nya?
harga pas kadang bedanya bisa jaaauh banget dibanding harga awalnya. tanyalah harga pas sebelum mulai menawar (lagi).

A: yaah..y-kurang-5000 deh, bu.

I: kok cuma sedikit kurangnya! kurangi lagi dong..

rata-rata pedagang bisa menurunkan harganya berkali-kali. tinggal siapin 'rayuan'-nya aja..

A: ya ibu maunya berapa?

I: saya maunya setengah-y!
A: yah si ibu..ga bisa bu...kalo semuanya dikasih segitu, saya bisa rugi...

I: ah, kamu, sedikit banget kurangnya. ya udah deh. makasih ya...
trik klasik. tinggalkan toko, supaya pedagang merasa telah kehilangan pelanggan
potensialnya...

A: eh, bu, bu! jadi ibu maunya berapa?


I balik lagi
I: saya maunya setengah-y!
A: kok tetep segitu bu. naikin dong bu, kan tadi saya udah nurunin..
I: tapi kamu kan cuma sedikit turunnya. ayo dong, turunin lagi harganya!

A: ya udah deh bu. y-kurang-10000.
I: ah, masa cuma segitu. saya beli dua nih. kurangi lagi dong!

mulai nawar dengan jurus membeli barang lebih dari satu. biasanya bisa nurunin harga juga.


A: udah pas bu, segitu...

I: tutupnya jam berapa sih?
sedikit mengalihkan pembicaraan...

A: sebentar lagi bu..

I: tuh kan! udah mau tutup! kasih harga mau tutup dong! udah cape nih saya muter-muter...
yak, keluarkan semua hal-hal yang bisa menjadi alasan supaya harga bisa turun! harga mau tutup atau harga sore atau penglaris (sayang, cuma bisa dipakai kalo udah mau tutup aja :P), curhat sedikit juga bisa...

I: ayolah, beli duo ko! iko cie, jo iko cie. [ayolah, beli dua nih! ini satu, dan ini satu]
berbicara menggunakan bahasa asal pedagang. membuka hubungan yang lebih dekat dengan pedagang.

A: ya udah bu, y-kurang-20000! udah murah tu bu..ambil bara? duo?
[ambil berapa? dua?]
I: *sumringah* iyo. eh, tigolah. cie lai. [iya. eh, tigalah. satu lagi.]


selamat tawar-menawar! sengihnampakgigi

home

0 komentar: