Wednesday, May 20, 2009

9 matahari

pertama kali dengar buku ini saat saya berada di acara siaware. penulisnya salah satu alumni siaware, katanya. wow. tanpa pikir panjang, besoknya saya langsung menuju toko buku dan membelinya.

itu terjadi kira-kira lima bulan yang lalu. dan saya baru mulai membacanya minggu kemarin.

endorsementnya memang membuat penasaran tentang isi buku ini. orang-orang terkenal memberikan opininya, mulai dari M.Hatta Rajasa, Seto Mulyadi, Effendi Ghazali, Donny Dhirgantoro (penulis salah satu novel favorit saya, 5 cm), hingga Shahnaz Haque. siapa yang tak kenal beliau-beliau ini?

ringkasan buku 9 matahari bisa dibaca dari salah satu endorsementnya, dari Deddy Mulyana, Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi dan Program Pascasarjana Unpad:
sebuah balada seorang mahasiswi pendatang di Kota Kembang yang sarat perjuangan dalam mencari jati diri di belantara kehidupan yang penuh kepura-puraan dan hedonistik.
sarat perjuangan. perjuangan yang amat sangat berat kalau menurut saya. jika semuanya terjadi pada saya, entah apakah bisa seperti tokoh dalam buku ini, yang saya kira adalah penulis itu sendiri, Adenita. perjuangan yang seperti apa? tentunya tidak akan saya beberkan disini =p

Adenita sepertinya ingin menceritakan semua yang terjadi dalam satu buku padahal jika beberapa bagian tidak diungkapkan, menurut saya membuat novel ini lebih padat tanpa mengurangi substansi yang ingin disampaikan =)

seperti novel-novel lainnya, maksud dari judul biasanya muncul di akhir-akhir cerita. dan saya terkecoh dengan judul bukunya, 9 matahari. saya kira akan bercerita tentang 9 orang yang berperan sebagai 'matahari' dalam perjalanan hidup tokoh (apa kalian mengira hal yang sama?) ternyata filosofinya bagus, di luar perkiraan saya =) 

0 komentar: