Thursday, May 13, 2010

make the difference

salah satu hal menyenangkan dari pekerjaan saya sekarang adalah bertemu dengan orang-orang baru yg menjadi klien. kalau beruntung, bisa ketemu klien yang menyenangkan dan suka sharing pengalaman. salah satunya klien yang saya temui kemarin.

klien saya ini adalah seorang ibu satu anak. setelah urusan pekerjaan selesai, kami mengobrol. awalnya dari bertanya saya lulusan tahun berapa dan dari jurusan apa. ternyata beliau berasal dari jurusan yang sama dengan saya, IT, tapi saat ini bekerja di bidang yang sama sekali berbeda!

"dulu saat kuliah, saya suka IT. tapi saya ga mau kerja di bidang IT. abis lulus, saya coba lamar kemana aja!"

dan akhirnya ibu ini masuk ke sebuah perusahaan minyak swasta terkenal tempat anak-anak penyandang cacat, Sekolah Luar Biasa :P

"tiap orang punya pilihan hidupnya masing-masing, dijalani oleh masing-masing. setiap orang bisa berubah, jadi baik atau buruk. santai aja, tapi kita ambil pelajaran dari mereka."


beliau cerita tentang salah seorang temannya yang pegawai negeri dan engga puas dengan pekerjaannya.

"kita jangan mengecilkan pekerjaan, itu sama saja mengecilkan perusahaan kita sendiri. itu mengutip dari mario teguh ya. kalau saat ini kerjaan kita yang kecil-kecil kayak gini, ya itu adalah bagian dari proses. saat ini kita memang harus mengerjakan ini, sebelum ke pekerjaan lain.

kamu tahu apa pekerjaan saya pertama kali waktu di offshore? NGEPEL!
saya ngepel tiap hari, bersihin unit/alat. begitu terus selama beberapa bulan. tapi supervisor saya bilang seperti ini,

pekerjaan kamu memang ngepel, tapi bukan sembarang ngepel. kamu S1, harus bisa bedakan bagaimana ngepel oleh seorang S1 dan bukan S1. dan yang buat perbedaan itu adalah kamu sendiri.
jadi saya buat perbedaan itu. sambil ngepel, saya sambil belajar. kalo disuruh bersihin unit, saya justru seneng, karena saya jadi tahu unit ini buat apa, fungsinya apa. engga hanya sekedar bersihin."

so, let's make the difference, for better us :)

5 komentar:

piqs said...

Pertamaxx lagi! Yes, sekali lagi dapet traktiran nih!

Agreed, give more than expected. That's the only way to go. also known as "over-delivering" :D

Ade said...

Uhum.

Uci said...

Like this :D

Rani said...

@piqs:
ah, teu kaci pertamaxnya. kan lo udh tau gw mau nulis ini :p

@ade:
uhum juga.

@uci:
:)

piqs said...

eh, koreksi dikit

>>
sebuah perusahaan minyak swasta terkenal tempat anak-anak penyandang cacat, Sekolah Luar Biasa :P

>>
Kalo Sekolah Luar Biasa itu sebenernya bukan perusahaan minyak, tapi petroleum service company, alias perusahaan jasa untuk perusahaan2 minyak. Siapa tau ada di antara pembaca yang berminat melamar :P