Saturday, December 04, 2010

Heidelberg: Failed Autumn Fest

25 September 2010

menariknya perkeretaan di Jerman, ada macam-macam penawaran tiket. ada tiket per propinsi, tiket akhir pekan, tiket seharian, tiket per zona, tiket perorangan, tiket grup, etc. yang dibeli untuk ke Heidelberg, tiket daerah (propinsi) untuk Baden W├╝rttemberg, satu propinsi dgn Stuttgart. kita bisa pergi kemana aja di daerah BW seharian. Untuk grup, sekitar 20an euro untuk 5 orang. murah kan? :D


keretanya bertingkat dan meskipun pilih kelas 2, tetep oke kok. ga perlu reservasi kursi, bebas duduk dimana aja. tiket ini juga bisa dipake untuk bus (tertentu)/subway/trem di daerah BW.

jadi, ceritanya di Heidelberg ada autumn festival tapi sayangnya malah hujan. seharian. dan baru berhenti waktu pulang. bagus bener.


anyway, meskipun hujan, harus kudu dinikmatin. Heidelberg salah satu kota yang disarankan untuk dikunjungi coz it has a good city view.

dengan waktu yang cuma sehari, kastil jadi tujuan utama. letaknya di atas bukit, jadi harus mengeluarkan effort lebih untuk sampai sana.


Tiga ratus empat belas anak tangga untuk sampai kastil! mengalahkan rekor Batu Cave di Malaysia sebanyak dua ratus tujuh puluh dua anak tangga. ckck.

engga terlalu banyak yang bisa dilihat di dalam kastil. selain detail kastil, yang menarik adalah drum penyimpan bir/wine jaman dulu. it's HUGE!


salah satu bagian dalam kastil diubah jadi museum farmasi. ga ngerti juga kenapa harus farmasi :p jadi untuk praktisi farmasi, silakan dikunjungi untuk memperdalam profesinya. *naon deui*

dan, lumpia plus onde-onde jadi kejutan menyenangkan di perjalanan kali ini! :9

4 komentar:

piqs said...

potonya kebalik satu :P

Lost Wanderer said...

woahhh ada lumpia disana?! =D~

Rani said...

@lost wanderer:
pas hari festival itu aja sih :)

raie said...

itu kereta?? *beda banget sama komuter di jakarta* hahaa

eniwei di gorontalo ada dong, benteng yang tangganya nyampe 500an. *pamer,gak penting* :D