Sunday, August 07, 2011

day 4

dalam menulis, saya orangnya tipe bunglon, berubah-ubah ngikutin lingkungannya. waktu AADC lagi ngehits, sering bikin puisi. waktu banyak baca cerpen, bikin cerpen. waktu banyak baca novel, ingin bikin novel. yang ini, masih dalam batas keinginan. :p

saya engga tau gimana saya bisa nulis. semuanya terjadi begitu aja. engga ada di keluarga saya yang bergelut di dunia sastra atau kepenulisan, engga ada juga penulis yang saya agung-agungkan. i just start writing and i like it.

untuk mulai nulis, biasanya kalimat-kalimatnya udah ada di kepala saya. kalimat-kalimat itu terus terngiang-ngiang dan saat itu saya tau, saya harus keluarin dalam bentuk tulisan. biasanya tentang kejadian sehari-hari, sesuatu yang ingin saya bagi, atau sesuatu yang terlalu telat untuk disampaikan.

maksudnya gini, saya ga tau gimana kerja otak saya, tapi seringnya saat saya butuh kalimat-kalimat sebagai bentuk reaksi atas suatu kejadian, mereka ga muncul. kalimat-kalimat itu malah muncul setelah kejadian terjadi dan udah ga relevan lagi untuk disampaikan. nyebelin ya?

kadang, kepala ini bikin jalan cerita sendiri untuk kejadian yang akan datang. senengnya, kalo cerita itu bener-bener kejadian. sedihnya, kalo kejadiannya terjadi bertolak belakang.

ekspektasi sih itu namanya.

1 komentar:

piqs said...

hoh, masih inget toh sama writing challengenya :))