Friday, January 31, 2014

Ranu Kumbolo

Di trip ini gw ga hapal sama sekali itinerarynya. Ga pernah survey atau browsing kayak apa tempat yang bakal kita datengin. Takut spoiler :p Akhirnya ya ngikut aja kemana teman gw pergi :))

Perjalanan dimulai dari Stasiun Senen-Malang Kota Baru dengan kereta ekonomi Matarmaja. Pertama kalinya naik kereta ekonomi! Berangkat jam setengah 2 siang, sampai jam 7 pagi besoknya! Yuk mariiii...
Menurut cerita teman-teman yang sudah pernah pakai kereta ekonomi, sekarang kondisinya sudah lebih baik. Meskipun judulnya kereta ekonomi non-AC tapi ternyata ada ACnya. AC rumahan yang dipasang di langit-langit kereta. Lumayan lah daripada ga ada...


Hampir 18 jam di kereta, kerjanya cuma makan, ngobrol, tidur. Banyak ngelewatin stasiun-stasiun yang belum pernah dengar namanya :D Sampai di Malang, lanjut ke Pasar Tumpang, nyewa angkot. Di Pasar Tumpang, teman gw udah nyewa truk yang bakal antar kita (dan pendaki-pendaki lain) ke Ranu Pane, pos awal pendakian Semeru. Sampai detik ini, gw baru tahu kalau Ranu Kumbolo itu adanya di kaki Gunung Semeru, bukan di Bromo XD


Sampai Ranu Pane hujan turun cukup deras dan ga reda-reda. Kami tunggu sampe gerimis, dan berbekal ponco plastik, kami mulai perjalanan. Excited yes! Tapi karena hujan yang ga berhenti-berhenti, bikin track becek dan licin. Huhuhu. Setelah 5 jam trekking, akhirnya kami sampai Ranu Kumbolo malam hari. Ga keliatan pemandangannya :( Masih hujan-hujanan kami bikin tenda. Pertama kali di Indonesia tidur di tenda. Setelah ganti baju, bersih-bersih dan pipis di semak-semak (penting! XD), kami masak mie buat makan malam. Kenyang, badan hangat, waktunya tidur di dalam sleeping bag!


Pagi-pagi ngejar sunrise, hujan udah berhenti tapi berawan. Akhirnya kita foto-foto aja seadanya :| Masak nasi goreng buat sarapan. Kenyang, kita naik ke tanjakan cinta :"> dan lihat Oro-Oro Ombo yang masih terbakar tanaman lavender ungunya :| (Tadinya kirain lavender, ternyata bukan! http://www.tempo.co/read/news/2013/06/17/206489035/Tanaman-Asing-Tumbuh-Invansif-di-Gunung-Semeru)
Ranu Kumbolo

Kita turun sekitar jam 11 siang. Hujan-hujanan lagii. Tuhaaaannnnnn T_T Udah ga jelas bentuk sepatu (pinjeman) gw. Setelah 5 jam trekking, sampai Ranu Pane udah sore. Cepet-cepet bersih-bersih, ganti baju, dan solat. Rasanya lega udah sampai lagi di Ranu Pane. Cuaca ga ada cerah-cerahnya. Cuaca yang seperti ini pun, masih ada aja pendaki-pendaki yang lanjut menuju puncak Semeru. Antara hebat dan nekat emang beda tipis.

Setelah isi perut di warung Ranu Pane, kami langsung berangkat ke penginapan yang udah dipesan sehari sebelumnya. Penginapannya sejenis home stay di rumah penduduk dan ga disangka tempatnya enaaaaak bangeeett. Sampai di rumahnya kita diajak ke dapur yang bertungku buat ngangetin badan dan dikasih makan. Ada fasilitas air hangatnya jugaaa. Waaaa surga bangeet buat gw! Bener-bener dipuas-puasin mandinya.

Kali ini kita harus tidur cepet karena harus bangun pagi-pagi, ngejar sunrise di Bromo!  

0 komentar: