Sunday, February 16, 2014

book review: The DestinASEAN

Beli buku ini karena penasaran dan ada penulis yang gw kenal, @puty :D Tema tempatnya juga beda dengan yang lain, yang kebanyakan cerita di Eropa atau, yang akhir-akhir ini sangat booming, cerita ke-korea-korea-an. Selain buku Lonely Planet, rasanya gw jarang lihat ada buku yang khusus cerita tentang negara-negara ASEAN. Rasanya udah lama sejak gw mengenal negara ASEAN di buku pelajaran sekolah. Karena sebelumnya engga pernah browsing negara-negara ASEAN, baca buku ini buat gw sangat menambah pengetahuan tentang tempat-tempat yang bisa dikunjungi di ASEAN. Seru-seru juga ternyata!


Buku antologi ini memuat 20 cerita dari 11 traveller. Banyaknya penulis di buku ini juga memberikan warna tersendiri di tiap cerita. Ada cerita @puty yang kalem dan gw suka dengan gaya cerita di Ayutthaya yang beda dengan yang lain. Ada cerita @saputraroy yang kocak atau @takdos yang lucu bin garing. Ada dari @ceritaeka yang romantis, emang ye kalo lagi jalan-jalan, siapa yang nemenin itu penting banget! A deep contemplation from Adam Poskitt (part of @pergidulu) about his travel story. Banyak cerita traveling yang hanya menunjukkan tempat-tempat yang dikunjungi, hanya mengupas kulit luarnya saja. But this story from Adam shows us how travel should do more than adding more stamps on our passport.

Yang bikin surprise itu cerita-cerita dari Vietnam, Laos, dan Myanmar. Seumur-umur belum denger tempat-tempat yang diceritain di buku ini atau mungkin gw aja yang ga gaul :P Ternyata banyak tempat unik (dan menyeramkan!) yang bisa dikunjungi di negeri-negeri tetangga ini.

Dari semua cerita, ada cerita yang menurut gw tanggung, dari @venustweets di Cu Chi Tunnels. Gw baru dapat bayangan Cu Chi Tunnels seperti apa, tiba-tiba ceritanya udah selesai. Mungkin sengaja ya bikin yang baca penasaran dan jadi pengen lihat sendiri.

Terakhir yang sangat disayangkan, kenapa semua fotonya hitam-putih? Lihatnya jadi kurang wow dan kurang mendukung cerita-cerita seru penulis. Atau ini trik yang disengaja (lagi) buat bikin pembaca penasaran? Nonetheless, buku ini sukses ngasih teaser gimana gak kalah serunya petualangan di negara ASEAN :)

0 komentar: