Saturday, January 06, 2018

Mencoba hal baru


Melihat di tahun 2017 kemarin, saya punya banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal baru. Menyenangkan sekali. Dari dulu saya selalu terpikir hal-hal apa yang bisa saya lakukan supaya hidup ini tidak begitu-begitu saja. Hal-hal baru yang ingin dicoba ini memunculkan semangat-semangat kecil untuk memulai hari. Semangat melakukan sesuatu yang ditunggu-tunggu atau semangat hasil melakukan hal yang baru. Menurut artikel ini, melakukan hal-hal baru mempunyai banyak keuntungan untuk diri kita sendiri.

1. Mengalahkan rasa takut
Rasa takut kadang menjadi penyebab utama untuk memulai sesuatu yang baru. Takut tidak bisa dan takut gagal. Semua itu adalah kekhawatiran yang belum tentu terjadi. You never know until you tried.

2. Kenal diri lebih dalam
Melakukan sesuatu yang baru bisa jadi mengeluarkan potensi yang tidak pernah kita ketahui. Waktu ikut Kelas Jahit IIP, pengajarnya berkomentar kalau saya lancar menjahitnya. Wah, kalau tidak ikut kelas ini, saya tidak pernah tahu kalau saya bisa juga menjahit.

3. Menstimulasi kreativitas
Ketika melakukan hal-hal baru, otak kita terstimulasi untuk berpikir di luar "kotak". Memang kerja otak itu ajaib ya. Selain itu, saya pikir rasa senang dalam melakukan hal baru juga berperan dalam kreativitas. Refresh the brain!

4. Membuat diri kita lebih menonjol
Lebih bagus kalau hal-hal baru yang kita lakukan juga untuk menambah atau meningkatkan skill yang berguna. Tahun lalu saya ikut pelatihan singkat Basic Life Support Skill yang mengajarkan pemberian bantuan dalam keadaan darurat seperti tersedak, terluka atau membutuhkan CPR. Bukan skill yang ingin saya pakai sering-sering tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga kan?

Mungkin bisa jadi masih banyak keuntungan yang dirasakan dalam mencoba hal baru. Hal-hal baru apa yang akan dicoba di tahun 2018 ini? :)

0 komentar: