Tuesday, December 12, 2006

Hohohoho...

Hohohoho...

Seminggu yang lalu, tepat 1 tahun saya menyetir mobil sendiri.

Sejak itu, boleh dibilang saya jarang naik angkot. Sesekali kalo males nyetir atau mobilnya masuk bengkel atau mobilnya dipake kakak, baru saya naik angkot. Naik angkot itu menyenangkan sebenarnya. Bisa liat-liat orang. Yang paling saya suka, bisa nguping pembicaraan orang! Hahahahahaha...Loh, mau gimana lagi? Emang kedengeran kok :P

Ngomong-ngomong tentang naik angkot dan nguping-menguping, ada suatu kejadian yang ga akan saya lupain seumur hidup saya.


Saya masih ingat tuh, saat SMA, hari Sabtu, pulang sekolah, saya dan 2 teman saya, sebut saja A dan O, berencana untuk membeli sebuah buku di gelap nyawang. Jauh ya? Demi buku murah, bo! Sebelum naik angkot Kelapa-Dago di depan sekolah, saya dan teman-teman saya berdebat. Bernarsis-narsis ria sebenarnya. Jadi, saya dan O SMPnya sama sedangkan A SMPnya di sebelah SMP kami. Kami membanding-bandingkan luas sekolah kami.

“Luas SMP 5 dong!”

“Ya engga lah! SMP 2 jelas lebih luas!”

Begitu terus hingga kami masuk ke angkot, dengan posisi duduk dekat jendela paling belakang, A, saya, dan O. Saat kami masuk ke angkot, saya melihat ada seorang pria yang duduk di seberang kami sedang menelpon. Selesai dia menelpon, dia memperhatikan perdebatan kami.

Di tengah-tengah perdebatan, saya berhenti. Cape debat terus. Hanya A dan O saja yang terus berdebat. Saya hanya tertawa melihat mereka. Kembali saya memperhatikan pria di seberang kami. Dia masih memperhatikan sambil senyam-senyum. Ya ampun...

Sampai di persimpangan BIP, angkot berhenti. A dan O udah selesai berdebat dan saya pun sudah selesai tertawa. Kami semua terdiam. Tiba-tiba A nyeletuk:

“Kok macet ya?”

Saya pun menoleh pada A dengan wajah bingung.

“Macet apaan? Kan lagi lampu merah!”

Kami pun tertawa dengan kebodohan A. Tak sengaja saya menoleh ke pria di depan kami, ternyata pria yang ada di depan kami pun ikut tertawa!

Seperti biasa, melihat pria itu tertawa, saya pun ikut tertawa. Padahal kedua teman saya sudah selesai tertawanya. Tinggal kedua teman saya yang kebingungan.

“Kamu kenapa sih?”

“Ada apaan sih ketawa-ketawa sendiri?”

Saya hanya menggeleng dan tertawa lagi :P Kedua teman saya ga menyadari kalau pria di depan kami menguping pembicaraan.

Beberapa saat kemudian, saya sudah selesai tertawa. Lalu A cerita tentang pulsa hp-nya yang tinggal sedikit.

“Duh..pulsa tinggal dua ribu tiga ratus nih...”

Mendengar perkataannya, saya balas, “dua puluh tiga ribu sih masih banyak!”

Sekarang A yang menoleh ke saya dan kebingungan.

“Kok dua puluh tiga ribu sih? Dua ribu tiga ratus!”

Saya kebingungan.

“Oh? iya ya?”

Kami pun tertawa kembali dengan kebudekan saya dan pria di depan kami ikut tertawa! Lalu pria tersebut berkata kepada saya:

“Belum makan siang ya mbak?”

...siiiiiiingggg...

Ga sooopaaaaaannn!!!

“Iya! Baru mau makan!”

Kedua teman saya tertawa-tawa kucing (halah. Emang ada ya? Maksudnya tertawa malu-malu gitu), baru sadar kalau selama perjalanan ada yang menguping.

Untung saja setelah percakapan-ga-sopan-karena-nguping terjadi, kami turun dari angkot. Bukan, bukan karena malu tapi karena sudah sampai tujuan :P Sesudah turun dari angkot pun, kami masih tertawa-tawa.

“Ya ampuun...”

“Masa kalian ga nyadar sih kalo dia nguping?”

“Engga!”

“Dia tuh udah merhatiin sejak kita naik angkot!”

“Haaa? Masa sih?”

“Iyaaaa...makanya dari tadi aku ketawa terus!”


home

Tuesday, December 05, 2006

sendiri

saya suka pergi sendirian. apalagi kalo pergi ke tempat makan, duduk deket jendela, pesen es krim, makan es krim sambil baca buku. hal itu sangat menyenangkan jika dilakukan sendirian. kalo pergi bareng temen emang menyenangkan sih tapi pergi sendirian juga menyenangkan.

terkadang, saya bingung ama orang-orang. ada orang yang begitu bergantung dengan teman. kemana-mana pergi dengan teman. kalo ga ada teman, ya ga kemana-mana. ada suatu percakapan yang menurut saya sangat-sangat aneh. waktu itu saya harus membeli sesuatu di pasar baru. saya pergi sendirian. setelah sampai kampus, ada teman saya yang nanya:
"pergi ama siapa?"
"sendiri."
teman saya tersenyum. "kasihan..."

saya bingung. kenapa kasihan? perasaan biasa aja. emang kalo pergi sendirian itu perlu dikasihani ya?

ada lagi, saat saya SMA. setiap ajaran baru, pasti ada masalah tentang orang-orang yang pindah kelas. alasannya sepele banget. ga ada temen di kelas yang baru. saya selalu berpikir, kenapa sih orang-orang ini? kalo ga ada temen, ya cari lah. kenalan lah. bukannya jadi enak punya kenalan baru? temen baru? temennya jadi ga itu-itu aja. aneh.

memang, awalnya berada di lingkungan baru pasti merasa ga enak karena ga kenal ama siapa-siapa. tapi kan itu hal yang wajar. dalam kondisi seperti itu, saatnya melakukan salah satu hal yang membuat diri disebut makhluk hidup, beradaptasi.

masalah yang sama terjadi saat sibuk-sibuknya les. pilih les di sini, les di situ. waktu kelas 1 SMA, saya ikut les di suatu tempat yang emang ga terkenal tapi banyak anak sekolah swasta yang les disana. dari SMA saya, cuma saya seorang yang les di sana. ditanyakan lagi pertanyaan:
"kamu ga apa-apa sendirian?"
emang harus apa-apa ya? les kan untuk belajar. haiyah.

sekarang, setelah serangkaian kasus yang terjadi, saya bertanya-tanya.

jadi, apakah saya yang aneh karena merasa nyaman sendirian?
apakah saya begitu individualisnya sehingga saya merasa aneh dengan teman-teman saya yang begitu sosialis (penggunaan katanya tepat ga ya? maksudnya di sini, bergantung dengan teman gitu)?

home

Thursday, November 23, 2006

ngerjain pr ;)

hohoho...pr lagi...pr lagi...
disela tugas yang berlimpah minggu ini, akhirnya ada juga pr yang menyenangkan untuk dikerjakan. hehehe...

pr-nya dari ranny yang udah di wisudaaaaa...waaaaaa...

**NINE last things you did**
1. last place you were : kampuskuuuu rumahkuuu...
2. last cigarette : m*rlboro...halah! punya bapak itu sih!
3. last meal : nasi, chicken nugget plus sayur singkong pedes bumbu malaysia (hihi...dapet dari tetangga :P)
4. last movie watched : bad boys II
5. last Phone call : rumah
6. last cd played : udah lupa apa
7. last BUBBLE bath : bath tub nya aja ga punya...
8. last time you cried : kemarin. huhuhu...maafkan jika belum bisa membahagiakanmu :'(
9. last alcohol drink : ga pernah!

**EIGHT have you evers**
1. have you ever dated someone twice: nooooooo
2. have you ever been cheated on: nooooooo
3. have you ever kissed someone: dalam mimpiiiii
4. have you ever kissed someone you regret: nooooooo
5. have you ever fallen in love: hehehehehhe...what is love, anyway?
6. have you ever lost someone: yep
7. have you ever been depressed: sering kayaknya :P
8. have you ever eat a life animal: semut dalam makanan :D

**SEVEN branded things**
1. shoes: be-bob, roberto bossini, adidas
2. bags: LV (tas paling norak!)
3. shirt: GAP
4. make up: body shop
5. jeans: apa ya? udah lama ga make :P
6. coffee: good day!
7. glasses: ga tau mereknya apa

**SIX things you did in the past four days**
1. ngerjain tugas
2. makan-makan :9
3. beli hadiah ke pasar baru
4. cuci mobil
5. ikutan seminar Financial Revolution
6. kuliah lah!

**FIVE things on your mind right now**
1. tugas!
2. rencana bikin tulisan
3. kejutan apa lagi nanti ya?
4. seorang perempuan itu punya kekuatan untuk menolak seorang laki-laki!
5. merasa menjadi orang yang paling kejam di dunia (hiks...maafkan sayaaaaaa...)

**FOUR people you can tell pretty much ANYTHING to**
1. diri sendiri
2.
3.
4.

haaaaaaa? individualis sekali ya?

**THREE favorite colors**
1. bulao!
2. merah maroon
3. pink

**TWO things you want to do before you die**
1. doing good things *so cliche, eh?*
2. keliling dunia!

**ONE goal for this year**
1. naikin IP! huhuhuhuhuhu T_T

yak! oper ke sapa yaaaaaa...oper ke orang yang:
1. bingung mau posting apa
2. baru pertama kali mengunjungi blog ini
3. huruf depan namanya R :D

selamat mengerjakan!

home

Sunday, November 05, 2006

21 Juni

Melanjutkan yang sebelumnya, hari ini sudah ada rencana mau kemana aja. Pertama, ke museum Ariana (Musee Ariana). Naik trem dari cornavin ke nations. Kemarin udah pernah ke sana tapi karena sedang tutup jadi ga bisa masuk deh. Engga kepikiran sih isinya apaan tapi waktu masuk ke sana, kaget juga.

Kok begini ya?

Sampe disana tuh sepiiiii banget. Mau masuk juga ragu-ragu. Udah buka apa belum ya? Setelah terdengar gumam-gumam suara orang, baru deh berani masuk. Museumnya engga terlalu luas, 'cuma' dua lantai. Isinya kebanyakan patung-patung dan keramik.


Waktu pertama kali masuk, bagian tengah gedung kosong dan berbentuk oval, di sekeliling ruangan terlihat pilar-pilar besar dengan berbagai bentuk yang menopang gedung. Patung dan keramik dipajang di beberapa ruangan yang ada di sayap-sayap gedung. Di lantai atas juga hampir sama, ditambah ada kafe kecil untuk pengunjung.

Lagi liat-liat, nemu patung yang menarik.


Dilihat dari jauh seperti patung wajah yang ditutupi kain putih tapi waktu didekati ternyata kain putih itu bagian dari patung. Detail patungnya terpahatkan dengan jelas. Persis seperti kain aslinya. Keren!

Puas muter-muter, keluar dari gedung. Pulang. Eh, ga pulang ding. Balik ke hotel, maksudnya :P Nunggu jam makan siang sambil nonton tv. Sekarang udah tau jadwal tv. Biasanya sekitar jam 10 atau jam 11 ampe jam 12 ada film seri, the nanny ama charmed.

Nonton? Emang ngerti?
Engga. Cuma liat gambar-gambarnya aja :D Sambil menerka-nerka mereka ngomong apa :))
Ada sih tontonan yang dalam bahasa inggris, BBC. Tapi kan boseeenn, berita mulu.

Sesudah makan siang, jalan-jalan lagi. Tujuan sekarang ke Museum Voltaire. Konon kabarnya, dulu Voltaire tinggal di sana. Ya iyalah!
Berbekal selembar peta, saya melangkahkan kaki saya. *kesannyaa...*
Lumayan jauh lho dari hotel. Deg-degan juga tuh, syukur engga pake acara nyasar :D



Ternyata, engga cuma museum aja yang ada disini tapi ada sekolah juga. Waktu nyampe juga keliatan ada bule-bule main bola. Kayaknya sih yang sekolah di sana.
Clingak-clinguk. Sama kayak Ariana tadi. Museum Voltaire ini juga sepi banget. Cuma saya sendirian yang berkunjung!

"@#%^$#%$%&%*($*?" tanya seorang lelaki di balik meja dengan bahasa yang tidak saya mengerti.
"Is this voltaire museum?" what can i say? i dont understand what just he said.
"Yes! Please fill this first." thank God he can speak english! Lelaki itu menyuruh saya untuk mengisi suatu buku tamu. Terus ngasih semacam buku yang jelasin secara singkat tentang museum itu.



Seperti yang terlihat, museum itu sebenernya rumah tempat tinggal Voltaire dulu. Bagian tengah rumah itu begitu sempit, di sebelah kiri pintu masuk (yang juga berfungsi sebagai pintu keluar) ada meja lelaki tadi. Di kanan ada tangga menuju lantai atas. Peninggalan-peninggalan Voltaire ada di ruangan di sebelah kiri dan kanan pintu masuk yang sebetulnya ruangan itu satu. Jadi, kalo masuk ke ruangan yang ada di kanan pintu masuk, keluarnya bakalan di kiri pintu masuk. Saya memutuskan untuk masuk lewat ruangan di sebelah kanan.

Ada lukisan-lukisan Voltaire maupun lukisan-lukisan wanita yang tidak saya kenal. Ada keterangannya sih tapi tetep aja ga kenal. Belum kenalan sih :P Selain itu, patung-patung Voltaire dengan berbagai posisi dan ekspresi wajah (halah!).

Mejeng bentar. Gini nih kalo pergi sendiri, susah kalo mau bernarsis ria :( Patung Voltairenya serem. Apalagi didukung suasana museum yang sangaaaat hening. Secara cuma saya pengunjungnya. Makin serem lagi, kalau jalan tuh bunyi-bunyi. Krieeet. Krieeeet. Haduuhh...

Surat-surat yang bertulis tangan Voltaire, buku hariannya, dan pernik-pernik kecil juga dipajang di dalam suatu lemari berlapis kaca yang diletakkan di tengah ruangan.
Museum ini ga terlalu banyak isinya bahkan ada ruangan yang isinya cuma kursi-kursi yang disimpan di sudut-sudut ruangan.

Naik ke lantai dua, juga ga ada yang menarik. Yang mencolok hanya patung Voltaire sedang duduk yang berukuran cukup besar. Selebihnya, hanya ilustrasi-ilustrasi Voltaire yang dipajang dan ilustrasi-ilustrasi lain yang ga jelas. Serius. Diliat-liat ga ada hubungannya ama Voltaire. Aneh.

Turun tangga, say thank you ama lelaki di balik meja, keluar. Destination nowhere.
Mikir sambil jalan balik ke arah hotel. Akhirnya, menikmati angin dan wanginya Lac Leman. Foto-foto ga jelas. Liat airnya, bersih banget. Keliatan gitu dasarnya.

Trus, ngeliat ada bilik yang nyewain kapal buat keliling danau! Yihiy!
"how much is it?"
"14 franc."
waow. brapa tuh? 14x8000(kira-kira)=112000 rupiah! gila!
"one ticket, please."
hehe. kapan lagi keliling Lac Leman :D

ternyata kapalnya baru dateng jam setengah empat, harus nunggu dulu. akhirnya cari bangku kosong di dalam bilik itu yang ternyata sebuah kantor dan memang ada tempat untuk menunggu kapal. sambil makan buah yang dibawa, berpikir, seperti apakah kapalnya? dalam bayangan sih kapal kayu kayak di indonesia. tau kan, yang pake mesin ditarik-tarik itu, bangku-bangku panjang dari ujung kapal sampai ujungnya yang lain, yang tangan kita bisa sampai menyentuh air.

jarum panjang sudah mendekati angka 6, ternyata eh ternyata saudara-saudara, sungguh diluar bayangan!


aye aye captain!


kapalnya gede banget! kayak kapal pesiar. takjub memandangnya.

oia, sebelum naik kapal, bapak sms.
"lagi ngapain kamu?"
"mau naik kapal keliling lac leman!"
"awas hati-hati, nanti kamu masuk daerah prancis. kamu kan ga ada visa!"
Lac Leman emang sebagian milik swiss dan sebagian milik prancis. tapi kan ga usah diungkit-ungkit! T__T

Naik ke kapal, ada bagian anjungan buat menikmati pemandangan luar dan ada juga restoran kecil dan tempat-tempat duduk di bagian dalam. milih di anjungan dong. masa udah bayar mahal-mahal duduknya di dalem. kan ga keliatan pemandangannya.

wuih, anginnya kenceng banget, menepuk-nepuk pipi. wangi asin dari danau, dinginnya angin, jernihnya air, bisa liat air mancur dari deket banget. hwah...


meskipun pergi sendiri, setidaknya ada bagian diri saya yang ikut dalam foto :P
tapi
ternyata saya tak bisa menahan diri,
"could you take me a picture?"


tas hitam itu begitu mengganggu ya. dipake di depan pun karena takut copet. baca aja disini. copet ada dimana-mana.

yang berkesan, petugasnya ramah banget.
"your ticket please?"
"uh..eh..wait..." saya lupa naruh dimana. buka tas, nyari-nyari.
"oh, ok. take your time, take your time. i'll come back later."
udah bongkar-bongkar tas, ternyata tiketnya udah disimpen di tempat yang terjangkau. hah!

"have you find your ticket?"
"oh, yes." kasih tiket.
"ok," petugasnya ngebolongin ticket,"here it is." ngasih tiketnya lagi ke saya lalu petugas itu ngucapin sesuatu yang kalimat persisnya saya lupa, intinya have a nice trip gitu deh.
"thank you."

mungkin keramahannya ga keliatan tapi dialog itu dihiasi oleh senyuman. hal yang tidak saya temui pada petugas pembolong tiket. di kereta zurich-geneve misalnya, petugas hanya:
"ticket please?"
kasih tiket. bolongin. kasih lagi.
"thank you."
udah. ga ada senyum disana. lempeng dot com.

lumayan juga keliling danaunya, sekitar satu jam setengah. kira-kira jam 5, udah balik lagi ke dermaga. perjalanan kembali ke hotel, nemu sesuatu yang lucu.


oh, sekarang trend-nya tomat di pos ya? :P

home

Tuesday, October 31, 2006

se7en

bukan, bukan mau resensi film se7en tapi mau ngerjain dari Fanny (lagi lagi).
oia, aneh ya, kenapa orang bisa langsung tau kalo se7en itu dibacanya 'seven', bukan 'seten' atau 'sejen'. terbawa ama angka 7 nya ya?

jadi oot. ok, btt.

7 hal yang saya takuti:
a. siksaNya
b. ga bisa beri yg terbaik untuk orangtua, diri sendiri, bangsa, dan almamater. merdeka!
c. serangga. huhuhuhu...benciiiii!
d.
e.
f.
g.

7 lagu acak saat ini:
a. fly me to the moon and let me play among the stars...

b. tetes air mataku, tak tertahan lagi. menanti kepastian tentang kita. kau masih juga bersamanya, masih mencintainya. aku dan kamu tak kan tahu, mengapa kita tak berpisah. walau kita tak kan pernah satu. biarlah aku menyimpan bayangmu dan biarkanlah semua menjadi kenangan. yang terukir di dalam hatiku. meskipun perih, namun tetap slalu ada di sini...oh pasti kamu tak pernah tahu, betapa sakitnya aku (!)...

c. catch a falling star and put it in your pocket, save it for the rainy day...

d. percayalah kasih, cinta tak harus memiliki. walau kau dengannya, namun ku yakin, hatimu untukku. percayalah kasih, cinta tak harus memiliki, walau kau coba lupakan aku, namun ku kan slalu ada untukmu...

e. kita ada untuk memberikan cinta...

f. wo ming pai, wo yao te ai. pie pa wo cong lai. shiang ni ke shiang hai. ce tung cai ni huai li huai...*ngaraaaaangggg!!!*

g. sendiri, ku kemas air mata di pipi. tak percaya ku yang tlah terjadi, cintamu kini telah terbagi. haruskah cinta aku akhiri, hanya sampai disini...*hayoh, tebak lagu apa? ;)*

7 hal yang paling saya suka:
a. baca buku yang sangat inspiring atau menulis ditemani segelas minuman hangat (i think it will be cappucino or hot chocolate) sambil duduk di sebuah taman pada musim gugur *huwah, wish for that moment will come*
b. melihat daun berguguran
c. doing good things. it feels good :)
d. makan es krim sendirian sambil liat orang-orang berlalu lalang
e. nonton film atau baca buku yang endingnya sama sekali ga ketebak!
f. liat taburan bintang di malam hari
g. sale pisang, perkedel jagung, sambal goreng ati, cokelat hitam.

7 important things in my bedroom:
a. internet dan sarana prasarana yang menunjang pemakaian internet
b. tempat tidur, tentu saja
c. buku
d. hp
e. dompet
f. jendela (halah)
g. my dolls. hihihihihi...

7 fakta acak tentang saya:
a. gampang ketawa
b. gampang nangis *komplemen dari fakta pertama*
c. suka nyolot *padahal ga maksud seperti itu kok*
d. suka biru
e. suka baca buku
f. suka ngomong-ngomong sendiri
g. anak ke 3 dari 3 bersaudara.

7 hal yang paling sering saya katakan:
a. seeeriiiuuuusss?
b. maksud loooo...
c. eh...
d. makasih, pak! *biasanya ke tukang parkir*
e. terus...
f. tapiiiii...
g. hahahahahaha :))

7 hal penting yang saya rencanakan sebelum mati:
a. pergi ke tempat kelahiran saya!
b. keliling dunia
c. menikah. hauhuahuhauhaua...
d. memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain
e.
f.
g.

7 teman yang dianjurkan ngisi ini:
semua orang yang di blognya ada link blog ini! hihihihihihi...


ternyata tujuh 'saja' banyak ya. waktu ngisi pun mikirnya lama...

home

Saturday, October 28, 2006

pindah rumah :)

akhirnya, setelah sekian lama, bisa pindah rumah juga.

sebenernya udah lama pengen pindah, mengingat rumah lama kayaknya ga meaning banget gitu (meaning sih tapi meaningnya ga bagus!). dulu milihnya ga mikir, apa aja yang terlintas di kepala.

lamaaaa banget ga nemu-nemu rumah yang bagus. ampe minta saran ke orang-orang dan anehnya, hampir semua orang yang saya mintain saran, memberikan saran yang sama, yaitu bawel.

lho? kok gitu? rasanya saya engga bawel kok :P

baru beberapa hari kemarin, nemu rumah yang bagus. bintangbiru. udah seneng-seneng tuh nemu rumah bagus.

kenapa bintangbiru?
karena saya suka bintang dan saya suka biru. simpel kan?

tapi waktu di-cek ke-available-an (doh, bahasa apa ini?) rumah itu ternyata udah ditempati orang lain! huhuhuhuhu...hancur hatiku...mengenang dikau...menjadi keping-keping...setelah kau pergi...

ga segitunya sih.

sedih! padahal rumah itu udah ditelantarkan pemiliknya. baca-baca di blogger help, meskipun rumah itu udah ditelantarkan pemiliknya, rumah itu ga bisa digusur. katanya, bisa aja pemiliknya balik lagi. jadi waktu balik, rumahnya masih tetep ada.

uh, c'mon! you are so naive, blogger!

bisa kan bikin kebijakan, misalnya, kalo udah berbulan-bulan ditelantarkan, rumahnya digusur. kalo pemiliknya balik lagi, ya salah sendiri dong, kok rumahnya ditelantarkan. apalagi blogger salah satu penyedia rumah terbanyak, wajar kok kalo bikin kebijakan kayak gitu.

akhirnya berpikir lagi.

kalo birubintang?
umm...engga ah, kayak merek minuman. ya kan?

cari lagi, bintangbiru dicoba untuk dimodifikasi. dicari sinonim dengan bahasa lain. cari translator, diubah ke bahasa prancis (hehe). jadinya, etoilebleu. tapi kok rasanya kurang catchy (aih...) gitu. kurang nasionalis. halah.

ditambahin '-', jadi bintang-biru?
uuuhh...ga suka ada '-'!
bintangbirubintang?
panjang amat ya?
bintangbirubiru?
aneh! kayak si bintang habis dikeroyok, jadi biru-biru :))

setelah menyerah dalam pemodifikasian, diputuskan tambah '-' saja. dicek ke-available-an-nya, ternyata belum ada yang menempati. ok, bintang-biru. bungkus!

tapi apa yang terjadi? sama blogger ga boleh!

loh? loh? ga bisa gitu dong! udah jelas-jelas ga ada yang nempatin.
disegarkan kembali halamannya, ketik lagi, ga boleh. segarkan. ketik. ga boleh. segarkan. ketik. ga boleh. segarkan. ketik. ga boleh. segarkan. ketik. ga boleh. segarkan. ketik. ga boleh.

@#&*%@#&$#$%@%#!!!

sudah, cukup! pilian terakhir, etoilebleu. ke-available-an: ok.

bisa menebak apa yang terjadi?

ga boleh juga!!!

ya ampyyuuuunnn...blogger ini cita-citanya apa siiiihh...caaaape deeeee...

berpikir lagi.
tambahin angka?
huuummm...harus ya?
mau apa lagi dong?
ya udah. angka apa?
24? 24bintangbiru?
jelek.
bintangbiru24?
jelek. kayaknya bagus ganjil.
bintangbiru97?
engga ah.
satu?
satubintangbiru? bagus juga. satu itu angka istimewa. bisa berarti macem-macem. boleh deh, boleh.

tapi...kayaknya kepanjangan ya? kalo diganti simbol angka?
1bintangbiru?
bagus tuh. terlihat bintangbiru meskipun didepannya ada 1.

bungkus!

home

Sunday, October 22, 2006

Idul Fitri kali ini...



taqabbalallahu minna wa minkum, wa shiyamana wa shiyamakum...
taqabbal ya kariim...

semuanya, mohon maaf lahir batin yaaa :)

semoga kebahagiaan di penghujung ramadhan ini bukan kebahagiaan karena sekarang sudah bisa makan-makan semau kita, bisa kumpul-kumpul ama keluarga, bisa liburan...
tapi karena kita sudah berhasil menggunakan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. insya 4JJI.

idul fitri kali ini begitu berbeda dari biasanya...
tidak terdengar takbir yang bersahut-sahutan karena memilih 1 syawal pada hari senin...
tidak merasakan excitednya packing karena mau 'mudik' ke kota (Jakarta!)...
tidak merasakan lelahnya berada dalam kemacetan...
tidak juga mudik ke kampuang nan jauah di mato...

ah,
masih bersyukur bisa merasakan idul fitri bersama keluarga dengan personil lengkap.
bersyukur tidak berada dalam kemacetan (bandung sepi, bo!)...

kampuang nan jauah di mato...
...
ku potong sama panjang...
ku raut dan ku timbang dengan benang...
ku jadikan layang-layang...

:))

home

Saturday, October 14, 2006

4 tahun

hari ini, genap 4 tahun.

setiap orang pasti memiliki ceritanya masing-masing. jika perjalanan yang dilalui mulus, maka dia diberi kemudahan. jika perjalanan yang dilalui begitu berat, maka semua itu dinilai perjuangan.

perjalanan yang saya rasakan cukup berat tapi rasa berat itu berasal dari diri saya sendiri. semuanya berawal dari peraturan baru untuk hari jumat di sekolah. sebelumnya, saya sudah sering kok berpakaian seperti yang ada di peraturan itu, tapi jumat-jumat di tahun itu begitu berbeda. saya dikelilingi oleh teman-teman yang selalu mengingat dalam kebaikan dan saya bersyukur bisa bertemu dengan mereka semua.

sampailah saya dengan sebuah pertanyaan apakah harus dilaksanakan atau tidak atau apakah saya harus memakainya setiap hari. tentunya, hanya satu jawaban yang saya dapatkan. sejak itu, saya menjadi bimbang. saya ingin melaksanakannya tapi mulut ini begitu berat untuk berkata kepada orang tua. pertimbangan lain, kakak saya pun belum melaksanakannya. apakah dia tidak akan keberatan?

pada minggu saya ingin mengungkapkan keinginan saya, saat itu ibu mengajak saya untuk shalat di masjid. suatu hal yang jarang dilakukan, entah kenapa bisa terjadi. saya berpikir, inilah saat yang tepat untuk mengatakannya. sepanjang perjalanan ke mesjid, jantung saya bergemuruh. apa yang harus saya katakan? bagaimana penyampaian yang baik? bagaimana jika tidak boleh?

"bu..."
"hm?"
"mmm..."
"apa?"
"mmm..."
"apa? ngomong yang jelas dong."
"bu, gimana kalo saya pake jilbab?"
"umm...terserah. kamu bener mau? udah dipikir masak-masak?"
"..."
"semuanya harus dipikir dengan masak-masak."

saya sedikit kecewa dengan jawaban ibu. saat itu saya dalam keadaan bimbang dan saya membutuhkan kepastian. saya tidak membutuhkan jawaban 'terserah', saya butuh 'ya' atau 'tidak'. Jika 'ya', maka saya akan melaksanakannya, jika 'tidak', saya tidak akan memikirkannya lagi.

setelah percakapan itu, sepertinya ibu saya memberitahukan ke kakak saya.

"ran, katanya kamu mau pake jilbab ya?"
deg!
saya mengangguk.
"kenapa?"
tiba-tiba mata saya terasa panas.
"karena takut..."
saya tidak bisa meneruskan kalimat itu. saya berusaha agar bulir tidak jatuh.
"kamu...ga ikutan aliran-aliran kan?"
"haa? engggaaaa..."
"hoo..baguslah."

sudah, saya anggap itu jawaban positif dari kakak saya. percakapan lain dengan bapak saya.

"tuh, rani, ngomong dong ama bapak kamu kalo kamu mau pake jilbab."
saya terdiam sebentar, menghimpun kekuatan.
"bapak, saya pengen pake jilbab."
"jilbab gimana? jilbab yang panjang nutupin dada kan? bukan yang nutupin kepala doang?"
"iyaaaa..."

dengan segala jawaban yang saya dapatkan, saya sudah menemukan akhir dari kebimbangan saya. akan tetapi, mulut ini masih begitu berat. sungguh, godaan itu begitu besar. keputusan ini adalah keputusan besar yang akan saya laksanakan selamanya (amiin), bukan keputusan yang main-main karena ada konsekuensi di sana (setiap keputusan sebenarnya ada konsekuensi).

saya belum juga mengungkapkan (kembali) keinginan saya kepada ibu. sampai suatu hari tiba-tiba badan saya demam. kepala pusing, kedinginan, ingin muntah. bahkan saya sampai mengenakan sweater tebal dan kaos kaki. entah pikiran dari mana, saya memutuskan untuk mengutarakan keinginan saya saat itu.

"bu..."
"apa?"
"mau pake jilbab."
"bener?"
"iya."
"yakin?"
"iya."
"ya sudah."

setelah saya berkata seperti itu, panas badan saya tiba-tiba turun, kepala saya terasa ringan. apakah itu 'peringatan' agar segera berbicara dengan ibu? saya juga tidak tahu.

saat itu, saya tidak langsung pakai jilbab karena saya belum beli seragam baru. cukup lama jeda waktu antara saya mengungkapkan keinginan dan ketersediaan baju. kakak saya bahkan selalu mengingatkan.

"kapan kamu pake jilbab?"
"katanya mau pake jilbab?"

sampai suatu hari, sabtu, 12 oktober 2002, teman sebangku saya, yang senasib dengan saya (ingin pakai jilbab juga), telah mewujudkan keinginannya. hari itu, pelajaran pertama adalah olahraga dan dia telah memakai jilbabnya. saya kaget, saya senang, tapi sedih lebih mendominasi. saya memberi selamat kepada teman saya dengan wajah yang ceria tapi itu hanya diluar. bukan, bukan saya tidak senang teman saya memakai jilbab tapi saya sedih karena saya belum bisa seperti dia.

saya berusaha tidak menatap teman saya. ketika lari pemanasan, saya tidak berlari bersama dia. hati saya sedih sekali. airmata ini tidak keluar tapi batin saya menangis.

besoknya, 13 oktober 2002, karena lecutan rasa sedih itu, saya 'memaksa' ibu untuk segera mempersiapkan seragam saya. pergi ke tukang jahit, potong bagian bawah rok karena kepanjangan, pasang nama, pasang lokasi.

akhirnya, senin, 14 oktober 2002, semuanya terwujud :)


teruntukmu yang berada dalam kebimbangan. percayalah apa yang kamu lakukan adalah benar. pada akhirnya, hal ini bukanlah sesuatu yang harus dipertimbangkan tapi kepastian yang harus dilaksanakan.

home

Sunday, October 01, 2006

relativitas :P

(antara khayalan dan realita)
(bosan dengan x,y,z dan a,b,c)

p:
menurut kamu, si q ganteng ga?

r:
ha? pertanyaan apaan tuh?

p:
loh, ya tinggal jawab aja.

r:
mmm...ganteng itu kan relatif. cantik atau ganteng ga bisa diukur dengan pasti dan penilaian ga bisa diserahkan ke satu orang.

p:
ya...menurut kamu, q itu ganteng apa engga?

r:
ga mau jawab, ah.

p:
loh, kenapa?

r:
karena saya ga mau menyakiti siapa-siapa.

p:
maksudnya?

r:
gini lho, buat saya, saya cantik (hahaha!) tapi saya tau, ada kok yang lebih cantik dari saya. meskipun kebenaran itu saya ketahui, kalo ada yang bilang saya ga cantik, tetep aja saya sakit hati. hehehe...(at least, jangan bilang di depan muka saya lah :P)

jadi, saya ga mau jawab pertanyaan itu karena saya ga mau menyakiti siapa pun. ya, mungkin buat q, itu ga masalah. tapi bisa aja masalah buat orang yang suka ma dia kan? karena saya ga mau disakiti, ya jangan menyakiti orang lain lah.


hanya berkelit dari pertanyaan tapi jawabannya jadi tersirat dengan jelas ya?
abis, kamu bukan tipe saya. gimana dong? 0:)

tenang aja, saya yakin di luar sana ada yang bilang kamu ganteng, seyakin saya yang yakin di luar sana ada yang bilang kalo saya cantik (^^,)


home

Wednesday, September 27, 2006

Saturday, September 23, 2006

saya orang padang!

** percakapan malam hari **

saya:
kok hape 3G ga ada kameranya sih?

bapak:
lho? kelebihan 3G kan ga cuma video conference doang tapi bisa speed accessnya...

saya:
oia..bener juga

bapak:
ada juga hape 3G yang kameranya cuma satu.

(Loading...kalo kameranya cuma satu ga bisa video conference dong...)

saya:
lha...trus piye?

suara tawa membahana mendengar saya berkata 'piye'. bapak ketawa. ibu ketawa sedikit ngomel.

ibu:
baso a tu? (bahasa apa itu?)
awak orang padang! (kita orang padang!)
la ka 'piye' se nang kalua... (kok ya 'piye' yang disebut)

saya:
hahahahahaha...abis gimana doong? temen-temen saya kayak gitu semua...
(jadi salah gw? temen-temen gw? :D)

bapak:
kalua kan la baso padang tu! (dikeluarkan dong bahasa padangnya!)

ibu:
kalo ada yang ngomong gitu, bales dong!
"mangece a ka u? aden nda mangarati do!" (ngomong apa sih kamu? saya ga ngerti!)

saya:
huwahahahahahaha...

kira-kira dialognya seperti itu :D

memang, saya mudah terpengaruh dengan pergaulan sehari-hari. karena selama sekolah (SD-SMA) mayoritas teman-teman orang sunda, otomatis saya juga cenderung berbicara seperti orang sunda. boleh dibilang, dalam keluarga, saya paling supis. sunda pisan :D sering jadi bahan tertawaan tuh karena ke-supis-an saya. mau gimana lagi? emang udah begitu kalo sehari-hari.

sekarang beda lagi. di kampus banyaaaakk banget orang jawa. MIT, Mbandung Institute of Technology. otomatis (lagi), saya terpengaruh juga. buktinya ya dalam dialog di atas.

apa dengan semua itu membuat saya kehilangan identitas sebagai orang padang?
apa identitas sebagai orang padang itu harus saya perlihatkan?
engga juga sih...

tapi saya sudah terlanjur memperlihatkannya dalam judul postingan ini :P

kok terkesan SARA banget ya? @_@

home

Wednesday, September 20, 2006

"Institut Teknologi Blogging"

postingan ini ga nyambung sih ama disini, cuma kepikiran aja mengingat fenomena yang terjadi sekarang :)

bayangkan, saat permulaan saya masuk kuliah, saya ditugaskan untuk membuat (meng-edit kode blog, lebih tepatnya) blog oleh dosen. Saat itu, belum banyak yang tahu apa itu blog dan buat apa. Karena sebelum saya masuk kuliah saya udah punya blog, jelas, saya engga bingung dengan blog.

jadi lo bangga gitu?
iya dong :P


saya liat belum terlalu banyak orang yang tertarik untuk ngeblog. emang sih, blog yang dibuat karena tugas itu diisi juga. tapi..ya..gitu deh. sebagian besar paling update beberapa minggu sekali, beberapa bulan, bahkan ada yang engga di-update sama sekali.

tapi, liat keadaan sekarang.

banyak banget blog-blog temen menjamur dengan domain gratisan (such as blogger, blogsome, wordpress, friendster, dll). ampe dibikin aggregator blog khusus, seperti ini dan ini. luar biasa kan? sebagai pemerhati dunia perblogan di IF (jurusan saya yang berisi teman-teman yang aneh-aneh bin ajaib :D), saya merasa senang tentunya. biasanya baca blog orang yang engga dikenal, sekarang bisa baca blog orang yang dikenal. Menariknya, kadang apa yang ditulis berbeda kelakuannya dengan di dunia nyata. Jadi tau sisi lain dari temen-temen saya, kejadian-kejadian apa yang terjadi dalam kesehariannya yang kadang engga bisa diceritain secara lisan dan jadi lebih mengenal kepribadian temen-temen saya sendiri :)

beberapa blog yang bermunculan, diantaranya:

ditulis menurut urutan pembuatan blog berdasarkan memori di kepala saya. kalo ada yang merasa punya dan tidak saya tulis, maaf ya, saya masih belajar menjadi teman yang baik. lagian kalo ditulis semua bisa puanjuang banget postingannya. maaf yaaa...oia, kalo ada yang keberatan blognya ditulis, protes aja, jangan lupa bawa sebungkus coklat hitam buat saya :P

tapi..blogger gituuu...biasanya memiliki tingkat kenarsisan yang lebih tinggi dibandingkan yang lain :))


upik. saya berterima kasih pada upik karena saya merasa secara tidak langsung upik udah mempromosikan blog saya ke temen-temen yang lain. secara mulutnya ga bisa diem gitu hehehehe...setelah sekian lama menjadi pembaca setia blog saya (duh, jadi terharu :D), akhirnya memutuskan untuk bikin blog sendiri. meskipun sempet hiatus (kenapa tuuu? hehe..), ga tahan juga buat nulis lagi :)

fitrasani. meskipun blog miss dunia kita ini kemarin-kemarin jarang diupdate tapi sekarang udah sering di-update, nih. sudah mulai menghiasi blognya dengan berbagai pernak-pernik blog meskipun sedikit kesulitan karena ternyata eh ternyata domain blognya engga user-friendly banget! tapi saya yakin kamu bisa, fit. miss dunia gitu lhooo :D

herdiansyah. halah, namamu itu, nak :P (saya hanya berusaha menggunakan nickname teman saya ini jika berada di dunia maya) terpengaruh untuk bikin blog juga. belajar menulis katanya. Lamaaaaaaaa banget ga diupdate tapi sekarang katanya sudah mulai belajar menulis lagi. bukan begitu? :)

zakka. saya ketawa waktu dia akhirnya bikin juga (jangan tanyakan alasannya kenapa karena saya juga ga tau :P) sebenarnya temen saya ini udah lumayan sering ngeblog tapi di blog yang buat tugas kuliah dan sekarang jadi berpindah rumah ke blogspot.

anggriawan. setahu saya dulu temen saya ini udah punya domain di uni.cc tapi entah mengapa pindah rumah juga.

roberto. engga saya kasih link, habis dia juga kalo ngasih komen di sini ga pernah ngasih link. mungkin dirinya tidak ingin menjadi terkenal(?) :P. saya rasa dia 'seangkatan' dengan saya ngeblognya atau mungkin lebih tua. ga tau juga de...dan dia ini lah yang buat salah satu aggregator blog IF.

ternyata, senior-senior saya juga banyak banget yang punya blog. saya baru tahu ketika berkunjung ke tempat weno (wen, sadar ga kalo url mu itu palindrome?).

duh, ternyata masih banyak yang belum disebut. ABCD...

apaan tuh?
Aduh Bo Cape Deee...

:))

*dapet dari herdiansyah :P*

huwah! kalo mau tau semua blog IF, langsung liat aja aggregatornya lah...kok saya jadi suka sulit gini. lagian entar dikira ikut-ikut zakka lagi, nulisin profil anak-anak IF.

oia, ada hal lucu. dulu, ketika membicarakan blog saya, ada teman saya yang bertanya,
"emang ngapain sih ngeblog itu? nulis-nulis aja kan?"

hah! seandainya pertanyaan itu diajukan kepada para blogger di dunia maya ini, saya yakin teman saya ini akan mendapatkan jawaban yang banyak sekali. bahkan bisa 'dibantai' :P

dan tau ga, sekarang dia (akhirnya) sudah punya blog :)

ok everyone! have a nice life in this blog world and keep on blogging! Yipppieee... \(^^)/

home

Sunday, September 17, 2006

"...karena hidup adalah konsekuensi dari pilihan."

saya:

memilih untuk ngeblog dulu daripada mengerjakan tugas kuliah besok :P,

memilih ngeblog sambil nonton Oprah daripada ngeblog di kamar,

memilih menjadi asisten lab daripada engga,

memilih mengirimkan naskah tulisan ke blogfam daripada engga :D,

memilih menjadi pengurus himpunan daripada engga,

memilih menjadi mentor daripada engga,

memilih informatika daripada sastra,

memilih IPC daripada IPA ;),

memilih berjilbab daripada engga (it was such a big decision...),

memilih menuruti ibu masuk SMA 3 daripada menuruti keinginan ke SMA 2,

memilih jalan ini daripada jalan yang lain,

...,

memilih hidup daripada bunuh diri.


*inspired by one of my artificial intelligence lecturer

home

Sunday, September 10, 2006

9 sept - Sukabumi

Tanggal 9 September 2006 menjadi tanggal yang bersejarah buat temen gw karena pada hari itu, dia meninggalkan status lajangnya! Di umur 20 tahun (kira-kira), dia telah berani untuk menggenapkan setengah din-nya. Mungkin bukan masalah kalau temen gw ini cewe tapi kenyataannya temen gw ini cowo! Saat cowo-cowo sekarang (haha!) masih memikirkan tentang tugas kuliah, kuliah yang ngulang, ngegaet cewe, maen kartu :P, dll, temen gw ini memilih untuk mengambil tanggung jawabnya yang paling besar. Salut!

Menjadi tanggal yang bersejarah juga buat gw karena untuk pertama kalinya, gw melihat temen gw sendiri mengucapkan ijab qabul. I was so excited! Bayangkan, pada malam hari sebelum keberangkatan menuju tempat penyelenggaraan pernikahan di Sukabumi, gw memilih baju untuk dipakai besoknya selama satu setengah jam! Hahahahaha...

Ketika melihat akad nikah pun, gw kira, gw bakal nangis, ternyata engga. Terharu tapi engga sampai keluar air mata kayak Upik :P Takjub dengan apa yang terjadi. Temen gw aja hanya bisa mengucapkan 2 kata, "Luar biasa!".

Lalu, gw membayangkan jika pada saatnya nanti, gw yang berada dalam balutan gaun pengantin (uhuy!).

Apa yang gw rasakan?
Deg-degan, pasti. Menangis, bisa jadi. Berdebar mendengar satu kalimat yang akan memutarbalikkan kehidupan gw.

Siapa yang akan mengucapkannya?
Hahahaha...gw ga bisa membayangkan siapa yang akan melakukannya :P

Gimana kalo ada yang ingin mengucapkannya dalam waktu dekat?
Gila aja! Apa gw siap? Kapan gw tau kalo gw udah siap?

Tapi, pertanyaan yang paling penting itu, ada ga yang mau ama gw? :D

yeah, waiting for the right man in the right time. I know that im not perfect but im preparing to be the best woman he ever had and he will be the best man i ever had.

home

Saturday, September 09, 2006

play the music!

dapet pr (lagi) dari fanny! huwah...tapi sekarang mah ga banyak kayak kemaren. maap ya fan baru dikerjain sekarang :)

Music Shuffle

Rule : Play your music player, set the mode to random, then play. *ga boleh curang katanya*

1st song : qing fei de yi-harlem yu

Your memory with this song?
hahaha..langsung ketawa waktu lagu ini diputer. memori yang ga bakalan dilupain kali!

sistah, kalo lo baca ini, no hurt feeling lah ya :D

Makes you remember about....
tentu saja, F4! :))
mengingat adegan-adegan kocak yang terjadi di MG 1 dan sebel karena MG 2 ceritanya sedih!

2nd song : di dadaku ada kamu-ratu

Your memory with this song?
ga ada yang spesial sih. copy lagu ini juga karena lucu aja dengernya.

Makes you remember about....
jadi inget saat gw copy lagu ini.

3rd song : somewhere over the rainbow-martina mcbride

Your memory with this song?
menjadi salah satu lagu yang menemani saat gw mulai menyetir sendiri.

Makes you remember about....
ketika tau ada lagu ini. pengen copy karena denger orang di audisi indonesian idol nyanyi lagu ini. enak.

4th song : save the last dance for me-michael buble

Your memory with this song?
huwahh..langsung berteriak kegirangan waktu diputer lagu ini karena lagu ini yang lagi gw suka banget! bukan karena liriknya tapi karena irama atau nada atau apalah namanya dari lagu ini tuh unik banget. dengerin sendiri deh.

Makes you remember about....
temen gw, yang dari blognya gw tau lirik lagu ini. *ga usah mulai ngegosip!!!*

5th song : you cant hurry love-dixie chicks

Your memory with this song?
ga ada :P

Makes you remember about....
gimana kejadiannya gw pengen punya lagu ini ya? sepertinya sih karena nonton suatu film tapi lupa film apa...

jawaban pr-nya ga seru banget ya?

tag 5 people!
indah, zakka (karena ga dapet dari fanny :P), opiq (gpp dapet pr lagi ya piq :D), ranny, anggri (kado dari gw, nggri. selamat ulang tahun! :D)

home

Sunday, September 03, 2006

jadi pengusaha? :)

semester ini dapat matakuliah yang gw rasa 'mendoktrin' gw supaya engga menjadi pegawai kl udah lulus nanti. sejak mengikuti matakuliah ini, jadi terpikir untuk membuka usaha dan gw teringat mimpi gw.

gw pengen bikin kolam renang! yeaaah...!
tapi kolam renangnya khusus muslimah (engga bermaksud SARA lho :) ). masih jarang kan yang buka kolam renang khusus muslimah? ada sih di bandung tapi buat gw tempatnya jauh mampus!

kalo yang ada dalam pikiran sih, kolam renangnya ada di tengah kota, jadi adil untuk semua orang. yang di tinggal di utara, selatan, barat, maupun timur (eh, kalo tinggal itu kan di rumah ya? :P) jarak yang ditempuh engga jauh beda. inget, yang penting dalam membuka usaha itu ada 3: lokasi, lokasi, dan lokasi! (hasil nonton the apprentice neeh :P)

hari beroperasinya itu senin ampe jumat buat muslimah, sabtu ama minggu bebas. kan hari keluarga tuh, diharapkan bakalan banyak yang dateng :) selain itu, bisa kerjasama ama sekolah-sekolah yang ada mata pelajaran olahraga renangnya. jadi buat cewek-cewek yang bersekolah di jalan belitung itu engga usah renang lagi di kolam hijau(!) yang terdapat di jalan bali :D

trus...jangan lupa kolamnya ada yang pake atap ada yang engga, air hangat dan air dingin, air kolam, kamar mandi plus kamar gantinya bersih, dan kantinnya hanya menyediakan makanan sehat lagi bergizi :D

tapi...
keep on dreaming, rani!

duitnye darimaneee...
lokasinye dimaneeee...

sayang sekali, semua yang ada di dunia ini dinilai dengan uang bukan dengan daun. coba kalo daun, kan enak, tinggal metik banyak-banyak, jadi deh kolamnya...

ada yang mau mencoba? :)

home

Monday, August 28, 2006

obsesi???

sebenarnya saya seharusnya tidak ngeblog. begitu banyak yang harus dikerjakan tapi...

toloooooooong...saya tidak tahan untuk tidak menulis!!!

berawal dari beberapa bulan yang lalu, saya mempunyai keinginan untuk pergi ke sana. meskipun hanya sehari, at least, saya bisa melihat seperti apakah tempat yang saya tinggali pertama kali di dunia ini.

ketika tawaran itu datang, saya sangat-sangat tidak menyangka! semua begitu terjadi tiba-tiba...dan hilang tiba-tiba.

sejak itu, saya berniat, kapan pun waktunya, saya akan pergi ke sana! bagaimana pun caranya! mungkin sekolah, mungkin liburan lagi, mungkin...bulan madu? :D

percaya atau tidak, sejak saya pulang, banyak kejadian yang mengingatkan saya akan tempat itu. pernah suatu hari saya tersesat ke situs da vinci code. di situs itu sebuah kuis yang berhadiah perjalanan tur da vinci code, seperti yang ada di bukunya sendiri. saya, dengan pikiran gila saya, berencana untuk ikut. hah? gila! tapi, ternyata saya tidak cukup gila. saya mengurungkan niat saya itu.

saya engga segitunya banget ah...
--


jadi, suatu hari saya melewati penjual pin-pin yang ada di depan Salman. Diantara semua pin-pin yang dipajang, terlihat pin ini begitu 'mencolok' di antara yang lain. mungkin penjualnya masih terbawa oleh euforia piala dunia. selain pin ini, ada juga pin-pin negara lain. saya melihat-lihat pin ini. saya pegang, tanya harganya. memandanginya.

saat itu, saya berkata tidak! ngapain beli sih? saya kan orang indonesia, ngapain beli pin negara lain? mahal lagi, 6000!

tapi, apa yang terjadi? pin itu selalu terbayang! duuuh...setiap saya melihat penjual pin, saya mencari-cari pin seperti itu. konon kabarnya, dalam berbelanja, jika ragu-ragu membeli, tinggalkan barang itu dan pulang. jika di rumah masih terbayang, berarti harus membeli barang itu. ah, itu kan hanya untuk seorang penggila belanja! apakah saya seorang penggila belanja?

sampai suatu hari, saya bertemu lagi dengan penjual pin itu dan...saya memutuskan untuk membeli. apakah saya seorang penggila belanja? di kepala saya pun masih terdengar,

ngapain? ngapain? ngapain?

saya menghibur hati, saya beli 4000 kok! nawar, dong! lagipula, pin indonesia tidak ada :P namun hingga kini, saya belum pernah memakai pin itu. hanya tergeletak begitu saja di meja belajar. sekarang kan bulan agustus, bulan kemerdekaan indonesia. mungkin saya akan memakainya bulan september.
--
kemudian, kira-kira 2 minggu yang lalu, saya membaca blog teman saya yang luar biasa ini. katanya, dia bercita-cita untuk melanjutkan studi di prancis (akhirnya saya menyebutkannya. sadar tidak, dari tadi saya tidak pernah menyebutkannya?). saya tersentak. tulisan teman saya itu mengingatkan akan keinginan saya itu. saya juga ingin ke sana...

beberapa saat kemudian, bapak saya yang baru pulang dari kantor, tiba-tiba berteriak dari bawah (kamar saya di lantai 2).

"Rani!!! Ada temen kamu, nih!"

saya jelas bingung. rasanya tadi saya tidak mendengar adanya bel pintu, kecuali dari bapak saya. segera saya turun ke bawah dan apa yang saya temui?



saya mendapat surat dari teman yang berada di sebelah saya, merujuk pada foto di samping.

saya mendapat surat dari prancis!

bayangkan, setelah saya membaca blog teman saya yang menulis dia ingin melanjutkan studi ke prancis, beberapa menit kemudian saya mendapat surat dari teman saya di prancis!

O-MAI-JI-O-DI!

kata-kata yang keluar dari mulut saya hanya, "ya ampuuuunn...ya ampuuuunnn...ya ampuuunnn..." dan bapak saya berkata, "ngapain kamu ampun-ampunan?"

"ya ampuuuunnn...!!!"

ceritanya itu berawal dari beberapa tahun yang lalu, ketika saya SMP, saya menerima surat dari teman prancis saya ini, sebut saja, M. Surat dari M berisi kartu ucapan selamat ulang tahun dan ajakan untuk saling berkirim surat. Memang, awal mula saya (keluarga saya) bisa berkenalan dengan M adalah karena kami lahir pada tanggal yang sama, rumah sakit yang sama, dan waktu kelahiran yang sedikit berbeda.

ketika menerima surat itu, saya kaget. waow...surat itu datang dari tempat yang begitu jauh. bodohnya saya, saya baru membalas surat itu ketika saya SMA! kelas 3 lagi! sinting! saat saya sudah lupa dengan surat itu, surat balasannya tiba-tiba datang...

kali ini, saya tidak akan menunggu bertahun-tahun untuk membalasnya.
--
akhir-akhir ini, saya sering mendengar di tv lagu...siapa coba? paris hilton.
--
beberapa hari kemarin, teman saya yang luar biasa ini tiba-tiba bertanya pada saya,
"kamu...mau pergi ke prancis ya?"
"haa?" bagaimana saya tidak kaget mendengar pertanyaan itu?
"iya...kamu mau atau pengen pergi ke prancis kan?"
"iya! iya! kenapa?" saat itu saya mulai berpikir kalo teman saya ini mau membiayai saya pergi ke sana :D
"saya juga pengen ke sana. jadi ada temen." tampak pikiran tadi salah...
"kok tau kalo saya pengen ke prancis?"
"pernah baca...di fs kamu kalo ga salah."

oh ya, saya ingat. saya menulis di profile saya.

Who I Want to Meet:
i would like to meet? can i change the question to 'Where i wanna go?'

FRANCE!!!!!!!

huhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhuhu.....


profile itu saya update sesudah tanggal 20 juni.
--
kejadian terakhir, ketika saya membaca judul salah satu artikel di koran pagi pada hari jumat minggu lalu.

Warga Kali Perancis Panik

haaaaaa??? ada ya Kali Perancis di Indonesia? siapa yang menyangka ada sebuah kali di Indonesia dinamakan Perancis???

Gila!!!

home

Thursday, August 24, 2006

20 Juni


hari ini dimulai dengan perjalanan mendapatkan visa prancis. naik trem dari cornavin menuju athenee, daerah konsulat prancis berada. cornavin dan athenee itu semacam halte trem. mungkin kalo di bandung tuh semacam ledeng, kalapa, cicaheum, sarijadi, sadang serang, dll. karena tgl 18 udah survey tempat konsulatnya, jadi ga muter-muter nyari lagi.

kenapa engga dari kemaren ngurus visanya?
karena ternyata di konsulat itu lagi diadakan pemilu buat warga negara prancis yang tinggal di luar prancis. jadi, konsulat tutup sampai kemaren, baru buka tgl 20 ini.

kenapa engga di indonesia ngurus visanya?
karena waktunya ga cukup. apalagi birokrasi indonesia gitu. you know lah. dengan asumsi di swiss birokrasinya engga seperti di indonesia, diharapkan bisa dapet visa dengan lebih mudah.

waktu udah nyampe di konsulat, ternyata kantornya masih tutup tapi udah banyak orang. kira-kira 3 orang *banyak itu lebih dari satu kan :P* dan bertambah lagi sesudah kami *gw + bokap* dateng. mulai bertanya-tanya, dari kemaren-kemaren sih bertanya-tanya-nya, dapet visa ga ya? dapet visa ga ya?

akhirnya kira-kira jam 9, konsulat ini dibuka dan setelah ngomong-ngomong sebentar, eh, taunya kami disuruh pergi ke kantor yang lain yang khusus ngurus visa. setelah dikasih peta ama petugasnya, jalan lagi deh buat nyari kantor yang satu lagi. engga terlalu jauh dari konsulat, jadi ga makan waktu lama.

nyampe di sana, udah banyak orang juga. kami ngantri di luar kantor karena pintu kantor itu dijaga ama satpam dan yang masuk adalah orang yang akan dilayani. aneh banget. masa ngantrinya di luar sih?

sebelum giliran kami, kami ditanya ama satpam, apa ya? gw juga ga ngerti :P yang ngomong bokap gw gitu. kalo ditebak-tebak sih, satpam itu ngasih formulir visa schengen sedangkan bokap gw ga mau. kami pengen visa prancis doang karena visa schengen itu ngurusnya lama, 2 minggu. soalnya dengan schengen itu, paspor kami harus berpindah-pindah negara untuk ngurus visa di masing-masing negara tersebut dan itu jelas makan waktu yang lama. sedangkan kami di Geneve kurang lebih seminggu, ga mungkin banget kan? trus satpamnya geleng-geleng. udah mulai ga enak hati nih.

beberapa menit kemudian, kami dipersilakan masuk untuk ketemu petugasnya langsung. oleh petugasnya, kami tetap ditawari visa schengen itu lagi dan bokap gw tetap menolaknya. bahkan bokap gw sampai ngomong yang artinya kira-kira begini,
"hanya untuk satu hari. kami dalam perjalanan nostalgia, dia lahir disana," sambil nunjuk ke gw dan menunjukkan paspor gw.

apa reaksi petugas itu? dia menggeleng.

"no?"
"no."

pupus sudah. pupus. habis.

akhirnya kami keluar dari kantor itu dan berjalan ke halte trem.

"gimana perasaan kamu?"
"sedih."

can you imagine? mimpi lo udah di depan mata dan tiba-tiba...wuuush...hilang! waktu tur kemaren aja, gw bisa melihat gerbang perbatasannya tapi gw ga bisa lewat. dengan uang yang membawa gw ke sini, gw ga bisa lewat. dengan sekian waktu yang berlalu untuk sampai ke sini, gw ga bisa lewat.

ngapain sih bikin schengen-schengen segala!

ya,ya,ya. bersyukur udah nyampe sini. ga semua orang bisa nyampe sini, liat salju, naik pesawat...

::sigh::

memulai hari dengan buruk. tanpa tujuan, gw ngikut bokap ampe tempat kerjanya. engga ngikut ke kantornya sih, cuma ikut turun doang dan jalan-jalan di daerah sana. halte tremnya sih bernama nations, soalnya di sana ada gedung pbb dan 'anak-anaknya'. akhirnya, berniat untuk mengunjungi semua anak-anak pbb itu, daripada engga ada kerjaan...



united nations atau perserikatan bangsa-bangsa. gw kira gedungnya bakalan tinggi, ternyata engga. ngeliat di plang depan gedungnya sih, katanya ada tur keliling gedung pbb ini. tapi setelah gw tanya ke satpam, satpamnya bilang, "no tour this week!"

baiklah. mari kita jalan lagi. ternyata dekat sana ada museum, namanya ariana. and guess what? waktu baca plang di depan gedungnya, ternyata hari di saat kedatangan gw itu, museumnya tutup!

kenapa semuanya seperti bersekongkol menolak gw hari ini sih?

ya sudah, jalan lagi, nemu banyak gedung.

*fotonya ndak bisa di aplot. ndak tau knapa*
ada unesco. bukan disini kantor pusatnya tapi di paris. *huhuhu...*


ketiga gedung ini milik ITU (ai-ti-yu bukan itu!)


aneh banget ya namanya, OMPI atau WIPO atau World Intellectual Property Organization. gedungnya lumayan tinggi nih, ngalahin gedung pbb.


ada palang merah...


OMM-WMO-World Meteorological Organization, gedungnya bagus. transparan gitu.


ada unicef...


ini WTO, World Trade Organization.


ketemu universitas lagi!


dan unhcr.

belum semua gedung 'ditemukan', gw belum nemu WHO. jalan nyari-nyari ga ketemu-ketemu. liat ada bus sih yang jurusannya itu WHO tapi saat gw pengen naik bus itu, ditunggu-tunggu busnya ga dateng-dateng. tumben banget ya? diyakini berarti gw belum ditakdirkan untuk menemukan gedung WHO.

cape juga jalannya. karena gw kelaperan dan di sekitar situ tidak terlihat adanya penjual makanan, gw memutuskan untuk kembali ke cornavin. naik trem lagi dong, gila aja kalo jalan.

nyampe di cornavin, beli sandwich dan minum. cari tempat duduk, makan sambil ngeliatin orang-orang. ngapain lagi ya? mikir-mikir. bengong clingak-clinguk. nge-net? yuuukk...

akhirnya posting deh :P

home

Saturday, August 19, 2006

19 Juni - Ekskursi

Hohohoho...saatnya menjelajahi Geneve!
Dari daftar ekskursi, gw memilih tur dalam kota plus perkebunan. Mulai tur itu jam 2 siang waktu setempat. Anggota turnya dikiit banget. Busnya aja ga ampe penuh. Sepi banget dah. Mana gw sendirian lagi, soalnya bokap gw mesti kerja.

Ada kejadian menegangkan sebelum tur. Sebelum masuk bus, peserta tur harus ngantri dulu sambil ngeliatin tiket turnya. Saat gw baris, gw melihat peristiwa percobaan pencopetan!!! Ya ampuuunnn...parah! Bukan gw sih yang dicopet tapi orang yang baris di depan gw. Tapi kan tetep aja bikin deg-degan. Untunglah copetnya ga dapet apa-apa.

Pertama, gw dibawa melewati Lac Leman, Jardin Anglais yang ada floral clock atau jam yang dibentuk dari tanaman, trus berhenti. Dilanjutin dengan naik kereta kecil yang emang dikhususkan buat tur dalam kota. Sayang keretanya engga gw foto nih. Lupa...

Dari keliling-keliling naik kereta, gw diajak ke:

katanya dulu ini tempatnya Henry Dunant. Itu lho yang mendirikan Palang Merah. Diihat dari sejarahnya, emang dari dulu Swiss itu cenderung tidak ingin berperang atau tidak mengikuti suatu 'blok' tertentu. Karena itu juga, banyak organisasi internasional yang milih Swiss sebagai tempat markasnya. Misalnya, PBB, ITU (International Telecommunication Union), UNHCR, UNICEF, Palang Merah, pokoknya 'anak-anak' PBB sebagian besar ada di Swiss. Swiss juga ga ikut-ikutan Euro.

kalo ini balai kotanya Geneve. Di balai kota ini ga ada tangga soalnya dulu petinggi-petinggi di Geneve kalo masuk pake kuda jadi susah kalo pake tangga (kata guidenya begitu).

yang gedung persegi panjang itu CERN. Di fotonya dari dalam bus sih, jadi ga gitu jelas :P

Di Geneve itu enak, banyak taman dengan bunga mawarnya dan banyak banget patung. Kalo ini,

Dufour, au siapa. Yang jelas, orang terkenal. Iyalah, secara dibikin patungnya gitu!

ini juga ga tau siapa. Gw sih foto-foto aja :D


ini katanya sih Bastion Reformateurs. Ga tau juga siapa, ga ngedengerin guidenya, foto-foto aja :D


Setelah dari kota, gw keliling-keliling ke perkebunan anggur, di belakangnya itu pegunungan Jura yang membatasi Swiss ama Prancis. kata guidenya, usaha anggur di sini turun temurun, udah dari jaman bareto (dulu) kala.



Setelah tur, ternyata Swiss itu berbeda dengan apa yang gw bayangkan. Kirain tuh, penuh dengan gedung-gedung tinggi kayak di New York yang gw liat di tipi-tipi (kan banyak organisasi internasional), kehidupan metropolis, padat penduduk, dll. Tapi kenyataannya sangat jauh berbeda! Sepertinya pemerintah itu sengaja menjaga Geneve seperti kota-kota tua jaman dulu yang engga ada gedung-gedung pencakar langit. Gedung-gedungnya pun setipe. Paling tinggi mungkin 4 atau 5 lantai dengan banyak jendela.


Hampir semua gedung tipenya kayak gini. Kalo di pinggir-pinggir kota udah mulai sedikit berbeda tapi tetap aja terkesan 'kuno'. Apa masyarakatnya engga bosen ya?

home

Friday, August 11, 2006

tag it!

baiklah, tadinya emang hari ini mau apdet blog tapi secara tadi internetnya aga-aga rese, postingan yang udah diketik tiba-tiba menghilang! hiks.
ternyata, gw emang ditakdirkan untuk mengapdet. dapet lemparan dari temankuh nun jauh disana nih!

The Quiz
1. Do the following
2. Choose 5 persons to do this

Favourites
Favourite Colour: blue. sama nih, fan :)
Favourite Food: sayur, dark chocolate, peuyeum *hahahaha*, pisang.
Favourite Song: yang bisa gw nyanyiin :P
Favourite Movie: comedy, action, yang endingnya ga ketebak macem identity, 2009 lost memories, infernal (apa internal?) affairs, crash...
Favourite Sport: renang!
Favourite Day of the Week: kamis, jumat, sabtu, minggu. biasanya film di tipi bagus-bagus.
Favourite Ice Cream: choco. sama lagi, fan :P

Currents
Current Mood: plain.
Current Taste: delicious?
Current Clothes: baju dinas di rumah :))
Current Desktop: my fav photo *for now*
Current Toenail Colour: pink. ungu kalo abis kejepit pintu :P
Current Time: 7.34 pm waktu kompi
Current Annoyance: mau ujian dan blum blajar! >_<
Current Thoughts: kok udah jam segini lagi..padahal banyak yang pengen dikerjain...

First
First Best Friend: arum
First Crush: hahahahaha...kelas brapa ya? 3 apa 4 gitu :))
First Movie: lupa gila...
First Lie: kayaknya pas ditanya, "kamu jajan apa di sekolah?" dan gw jawab, "ga ada.." padahal gw jajan.
First Music: musik iklan kali ya? soalnya dari kecil suka merhatiin iklan :P

Last
Last Cigarette: firstnya aja belom
Last Drink: air bening
Last Car Ride: biru gonjreng 1730 HQ (apa 1703?)
Last Crush: begaya desy ratnasari: no comment! hahahahahahahha...
Last Phone Call: rumah
Last CD played: kurasakan pudar dalam hatiku...

Have you ever
Have you ever dated one of your best friends: kaga! secara best friend gw cewe getoo..
Have you ever broken the law: sometimes
Have you ever been arrested: arrested by love..halah..hyahyahyahya...
Have you ever skinny dipped: apaan sih nih?
Have you ever kissed someone you don't know: dalam mimpi.

Tag 5 people!

siapa yak...mmm...destia,piqs,-ay-,Ai, ama weno

jangan lupa kerjain pr-nya ya teman-teman ;)
home

untuk sementara

dulu, gw pernah melihat pulpen temen gw yang ditempeli kertas. biasanya kan kertas itu untuk mengidentifikasi pemilik pulpen tapi apa coba yang ditempel oleh temen gw itu?

pulpen ini dipinjamkan kepada (nama temen gw)...

meskipun begitu, gw yakin, pulpen itu dibeli oleh temen gw. selain heran, gw juga membenarkan kertas itu. apa yang ada sekarang sama gw, sejatinya (caelah) bukan milik gw. semuanya bisa hilang dalam sekejap. kadang gw membayangkan akan kehilangan sesuatu yang ada sama gw sekarang dan seseorang yang kadang gw bayangkan akan hilang adalah keluarga gw, terutama ibu.

bagaimana kematian menjelang, bagaimana keadaan rumah saat ibu engga ada, bagaimana keadaan gw sendiri saat ibu engga ada.

apakah air mata ini akan menetes?
atau berderai?
atau bahkan engga keluar sama sekali?

bagaimana rasanya?

gw berpikir, mungkin rasanya seperti saat ibu keluar kota, hanya saja tidak pernah kembali ke rumah.

apalagi ditambah keadaan sekarang dengan bencana dimana-mana. saat seorang anak tertidur lelap bersama keluarganya, beberapa menit kemudian bisa menjadi sebatang kara. siapa yang bisa memperkirakan?

tidak ada.

setiap gw membayangkan hal seperti ini, gw berdalih, ini untuk persiapan mental.
apa iya bisa mempersiapkan mental hanya dengan membayangkan?

apapun itu, sekarang gw berusaha untuk menghabiskan waktu bersama ibu, sebelum semuanya terlambat.

home

Thursday, August 03, 2006

tadi malam

tadi malam saya mimpi kamu
mimpinya terasa sangat nyata
saya sampai begitu berharap kalau itu bukan mimpi

ketika bangun, saya sedikit kecewa
dan bingung juga

bagaimana bisa
kau hadir di mimpiku
padahal tak sedetik pun
...

iya sih, kemaren-kemaren emang keinget kamu
tapi itu kan cuma gara-gara ngelewatin kampus kamu

kapan ya kita ketemu?
udah lama banget saya pengen ketemu
soalnya saya hutang maaf sama kamu
mungkin kamu ga ngerasa
tapi saya ngerasa bersalah

mungkin kamu juga udah ngelupain peristiwa itu
bahkan menganggapnya tidak pernah terjadi
saya juga gitu sih
tapi boleh kan saya minta maaf?
atas peristiwa dulu

peristiwa cupu itu
saat saya, kamu, temanmu
dan yang lain
masih cupu
duh, cupu banget deh

wah, saya mengulang kata cupu 4 kali

saya harap kamu masih anggap saya teman kamu
saya masih anggap kamu teman saya kok
setelah kebisuan yang selama ini terjadi di antara kita

***

titik merah saya hilang lagi!! T_T

home

Friday, July 28, 2006

18 Juni - Geneve

Saatnya pergi dari Zurich menuju Geneve. Naik kereta dari Zurich Hauptbahnhof kira-kira pk.09.30 dan nyampenya itu kira-kira jam satu siang. Gw menderita banget naik kereta soalnya lagi pilek jadi kalo lewat terowongan tuh telinganya sakit karena beda tekanan udara. humph...

nyampe di stasiun Geneve, langsung ke hotel sambil dorong-dorong koper secara hotelnya deket banget ama stasiun. namanya Hotel Windsor yang toiletnya aneh banget. Ga ada wireless lan pula. haree geneee gituu... beberapa hari kemudian, gw pindah ke Hotel Cristal yang ada wireless lan-nya tentu saja.

setelah beres-beres di hotel, langsung jalan-jalan. Di Geneve itu ada danau, namanya Lac Leman (baca: Lak Lemang) atau Lake of Geneva. Jaraknya deket banget dari hotel. Tinggal belok kiri trus jalan luruuuuus aja. nyampe deh. kalo gw pikir sih, air danaunya dari laut. soalnya kalo udah di danau itu wangi pantai banget. asin :P

** start oot **
oia, sebelum pergi ke swiss ini, gw udah dikasih tau tuh ama bapak kalo di swiss ada 4 bahasa. jerman, prancis, roman, ama itali.

"ga ada bahasa inggris?"
"ga ada!"

mampus kan...

mau ngomong apa gw? prancis? udah lama banget ga belajar. jerman? gw cuma tau ich liebe dich, achtung, danke, ballack, podolski, klose... :D
roman? bahasa apa pulaa itu...itali? komo deui jeung ieu. spaghetti, pizza, pisa, del piero, cannavaro, buffon, matera--ups! cukup.

kalo di zurich orang-orang make bahasa jerman. karena letaknya agak ke utara dan swiss emang tetanggaan ama jerman. kalo di geneve, orang-orang make bahasa prancis karena letaknya emang deket banget ama prancis. Lac Leman aja sebagiannya itu milik swiss dan sebagiannya lagi punya prancis. ajaib ya? dua kota yang berada di negara yang sama tapi bahasa yang dipakenya beda. tapi tetep aja, di dua kota itu gw ga ngerti apa-apa :P

karena di geneve gw cukup lama, mau ga mau harus berinteraksi ama bule-bule itu. kalo gw nyamperin toko, diajak ngomong prancis tapi gw jawab pake bahasa inggris. hahahahaha...tapi mereka ngerti kok. iyalah, bahasa internasional gitu. kaga ngerti? nyebur aja lo ke lac leman! :P
** end of oot**

Lac Leman plus air mancurnya. Seneng banget diem lama-lama disini. Adem. Harap dicatet ya, airnya ga kotor jadi ada juga orang yang nyebur. Oia, gw juga sekalian nyari kedutaan prancis di sini buat ngurusin visa (tentang kegagalannya, entar aja diceritainnya). muter-muter. panas-panas. heuh...

selama pencarian itu, lewat sebuah lapangan yang emang ada persiapan acara. kan ada yang ngecek sound system, tau ga ngeceknya gimana?

"cek cek..satu..satu, dua, tiga..."

hahahahaha...serius! kayaknya yang ngecek orang indonesia. ga ngeliat sih, ga keliatan soalnya :P

setelah tau tempat kedutaannya, gw balik lagi ke hotel naik trem! selama gw di geneve, gw berpikir, kenapa di indonesia ga pake trem ya? kalo pake trem kan lebih enak. lebih teratur. orang ga berhenti di sembarang tempat. berhentinya ya di halte trem itu. ga ada yang namanya 'ngetem' juga. kalo di halte itu ga ada orang yang nunggu, ya udah, jalan aja terus. ga nungguin ampe penuh. jadi, mau naik trem atau naik mobil sendiri kayaknya ga ada bedanya. ya, kecuali ke tempat-tempat tertentu yang tidak terjangkau oleh trem. busway kayak di jakarta? bisa juga tapi busway makan tempat sendiri kan? jadi butuh jalan yang cukup besar sedangkan trem engga. di jalanan itu udah ada 'rel' trem, jadi ga makan tempat. trem pun mematuhi lampu lalu lintas kayak mobil biasa.

ada lagi yang gw perhatiin. jalanan di zurich maupun di geneve itu kecil-kecil. paling muat 2 mobil atau tiga. yang muat tiga mobil pun jarang. trus, banyak zebra crossnya (meskipun sebenarnya engga tepat disebut zebra cross, soalnya warna garisnya bukan putih tapi kuning). hampir di setiap persimpangan atau belokan pasti ada zebra cross dan orang-orang pasti nyebrang di zebra cross. kagum banget deh ama budaya kayak gini. meskipun mobil lagi kenceng, mau di tanjakan atau di turunan, kalo ada orang yang mau nyebrang, mobilnya pasti berhenti dan mempersilakan kita untuk nyebrang. hebat banget ya?

pengen nerapin di indonesia tapi di sini kan jarang banget ada zebra cross. paling di persimpangan yang ada lampu lalu lintasnya doang. kalo di zurich atau geneve, kita gampang banget nemu zebra cross. di tengah-tengah jalan juga ada kalo ternyata persimpangan jalan itu cukup jauh alias jalannya panjang banget. jadi, kalo disini, gw susah nerapinnya :P

sebelum, balik ke hotel, foto-foto dulu di monument brunswick.


yak, silakan diartikan sendiri, ya. :P










































mampir di toko buat beli minuman dan gw terkejut dengan apa yang gw temukan!

luar biasa!

home

Thursday, July 27, 2006

it's back!

beberapa minggu yang lalu, mobil saya masuk bengkel, buat 'dipoles' karena udah 'lecet' dimana-mana. hehehe...

sewaktu pertama kali dipake setelah kembali dari bengkel, liat bagian belakangnya, eh, tampak ada yang berubah!

horeeee...akhirnya titik merah saya kembali! bwahahahahhahahaha...
langsung difoto buat kenang-kenangan kalo titik merahnya ilang lagi.


hey, pencuri titik merah! jangan ambil lagi titik merah saya!

EOT - End of Topic :P

setiap kali menyetir, kadang timbul perasaan ga percaya kalo saya bisa duduk di belakang setir. menyetir sendiri. di jalanan yang banyak mobil, motor yang 'beterbangan' (saya selalu berpikir motor itu seperti serangga yang mengganggu. muncul seenaknya, bising, nyempil sana, nyempil sini. sorry, riders). masih inget banget, pernah tuh di angkot, duduk paling belakang, liat mobil biru gonjreng (bahasanya upik) itu, "kapan ya bawa sendiri?"

saya belajar nyetir cukup lama. dua tahun lalu, umur 17, langsung kursus nyetir, sekalian ngurus sim.

setelah kursus nyetir, ga langsung bisa tuh. ibu sangat-sangat-belum mempercayai saya untuk membawa mobil ke jalan. saya sendiri juga engga yakin sih. akhirnya belajar lagi, muter-muter di lapangan parkir. mesin sering mati. mobilnya 'lompat-lompat' karena kopling ama gas belum bisa seimbang.

jeleknya, latihan nyetirnya engga kontinu. latihan, terus vakum. vakum pertama kali soalnya kan sibuk ospek tuh! :P terus latihan lagi, vakum lagi. gitu aja terus. sampai saya 'terpaksa' harus bisa nyetir karena kakak-kakak saya ga ada di rumah. otomatis engga ada yang make mobil yang satunya lagi. konon katanya, kalo mobil lama ga dipake bisa rusak.

libur puasa tahun kemaren, mulai deh latihan kontinu. langsung ke jalan. pagi-pagi abis subuh, tancap! kan sepi tuh. hampir tiap hari kayak gitu. dilanjutin juga setelah masuk kuliah. pergi kuliah, nyetir. pulang kuliah, di jemput, tapi di perjalanan pulang, nyetir juga.

sejak tanggal 5 desember hingga hari ini, kadang saya masih tidak percaya, saya bisa nyetir mobil sendiri :) suatu kenikmatan dan keahlian yang ga semua orang punya ;P

home

Thursday, July 20, 2006

desain layout

liburan ini rencananya pengen coba-coba bikin desain layout blog. baru terealisasi minggu ini. setelah perjuangan yang tiada henti *halah...*, akhirnya baru satu desain yang selesai.

salah satu hambatan yang terjadi diakibatkan ketidaktahuan saya atas kode background supaya tetap pada tempatnya meskipun discroll. hambatan ini bisa terpecahkan oleh zakka! te-ri-ma-kaa-siiiiiih, zakka :) *iklan sabun versi anak sd mode on*

hambatan selanjutnya yaitu gambar backgroundnya. entah kenapa setelah desain dan kode selesai, dicoba di firefox, gambarnya ga muncul. hanya textnya aja. tapi, dicoba di ie, gambarnya muncul. padahal kode layout itu hampir sama dengan kode layout blog ini dan tidak ada masalah. gambar pada layout blog ini bisa muncul di kedua browser.

pusing kan? pusing kan?

saran zakka, url gambar diganti dengan yang benar-benar url, bukan sejenis c:/blablabla/blabla.gif. gambar pun diupload. copy url, paste. buka browser dan file kode. apakah gambarnya ada? tidak ada!

pusing kan?

anehnya, beberapa lama kemudian, gambar itu muncul! setelah di-refresh berkali-kali. karena kemunculannya yang aneh itu, browser ditutup kemudian dibuka kembali. buka file kode. apakah gambarnya ada? tidak ada! apakah gambarnya ada setelah direfresh berkali-kali? tidak ada!

pusing kan? pusing kan?

pada suatu kesempatan, bertemu dengan bram di messenger. wah, ada master nih. bertanyalah saya padanya. diceritakan masalah gambar background layout yang begini, begono, begene. kirim file kode dan gambar. beberapa saat kemudian, muncul pesan:

"di browser gw muncul kok!"

haaaaahhhhh? saya ternganga. menurut bram, masalah terjadi pada url gambar. c:/blabla-nya dihapus, cukup dengan blabla.gif saja. jadi, file kode dan gambar harus dalam satu folder. lalu dicoba dan bisa! hahahahahahahahahaha...*saya memang langsung tertawa setelah gambar itu muncul :P* te-ri-ma-kaa-siiiih, bram :) *iklan sabun versi anak sd mode on*

tapi kalo sudah diupload ke blogger, url harus berubah, dong. gambar harus diupload ditempat lain untuk mendapatkan urlnya. kemarin dicoba, kan ga bisa. sekarang?

sekarang dicoba lagi dan gambar itu muncul!

heh! browser yang aaneeeehhhh!


upload kode ke blogger, modif sana-sini. liat hasilnya kok ga sreg ya? bayangkan, setelah perjuangan panjang memunculkan gambar dan berhasil, tiba-tiba saya merasa ga sreg! gila!

habis gimana dong? kayaknya polos banget gitu. jadi terlihat aneh.

akhirnya kembali lagi ke desain sebelumnya. ya, yang sekarang ini. gila!

sedikit cerita tentang desainnya. pengen ganti suasana baru. menghilangkan border, bebas, lepas. terinspirasi sama blogger yang satu ini sih. kayaknya asik aja gitu, tanpa border. tapi, ya begitu. setelah selesai, malah ga sreg. masih suka ama yang sekarang kali ya.

tapi setelah diliat-liat, ternyata bagus juga :P *narsis!*
tapi...

tetot! mengulang kata tapi...

home

Tuesday, July 18, 2006

pimples!

pimples. acnes. jerawat. siapa sih yang ga tau?

semua orang di dunia ini pasti pernah didatangi sama si-cilik-yang-kadang-nyebelin ini. terutama menjelang pubertas tentunya. pengaruh hormon, katanya. kalau jerawat datang pas pubertas *apalagi kalo jerawatnya gede trus mau meletus*, pasti ada yang komentar:

"ciee..siapa tuh?"

maksudnya jerawat itu berhubungan dengan rasa yang dipendam maupun yang terpendam *wuih...* oleh/untuk lawan jenis kita *hueek*. lantas, apa hubungannya coba? masa ada orang yang bisa membuat orang lain jerawatan? aneh.
ada lagi yang tiba-tiba menatap lekat-lekat ke wajah kita kemudian menaruh telunjuknya di tempat jerawat tapi di wajahnya sendiri, sambil mengucapkan pertanyaan yang sangat retorik:

"apaan tuh?"

kalo engga lagi bete, bisa ditanggapi dengan tersenyum miris. tapi kalo lagi bete *apalagi kalo lagi pms*:

"jerawat! kenapa lo? baru pertama kali liat? tinggal di gua mana sih lo?"

galak. :D

Jerawat, menurut Wikipedia, adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, belakang (punggung) dan atas lengan.



Kondisi normalnya, minyak (sebum) dari kelenjar minyak melewati saluran folikel rambut kemudian keluat ke permukaan kulit. Ketika produksi minyak ini berlebih, terjadilah penyumbatan di saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.



Ketika terjadi penyumbatan, terbentuk yang namanya micromedone. Micromedone ini bisa tumbuh berkembang menjadi whitehead atau blackhead. Whitehead berada di bawah permukaan kulit.


Sedangkan blackhead adalah hasil tumbuh kembang whitehead yang menembus permukaan kulit dan berinteraksi dengan bakteri acne yang memunculkan peradangan.


Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, jerawat umumnya muncul saat mengalami pubertas yang ditandai dengan perubahan hormon.

''Hormon menjadi tidak seimbang. Pada perempuan mengalami menstruasi, pada lelaki akan mengalami mimpi basah. Hormon-hormon di dalam tubuh mulai berkembang, namun tidak seimbang. Ini juga berpengaruh dengan sifat remaja yang masih labil secara emosi,''

Seperti halnya perempuan ketika mendekati waktu menstruasi, ada perubahan hormon dalam dirinya yang bisa menimbulkan jerawat dan terkena pms a.k.a pre-menstrual syndrome. Jangan aneh ketika teman perempuanmu yang tadinya bermuka mulus tiba-tiba menjadi jerawatan atau emosinya tidak bisa ditebak. Pengennya marah-marah atau bete tanpa sebab. Saat itulah waktunya untuk menjadi teman yang pengertian. :)

"oh, lagi pms..."

Penyebab jerawat sebenarnya bisa bermacam-macam, seperti:
* Stres
* Keturunan dari orangtua
* Aktivitas hormon
* Kelenjar minyak yang hiperaktif
* Bakteri di pori-pori kulit
* Iritasi kulit atau karena garukan
* Anabolic steroid *apaan nih?*
* Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
* Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne

Supaya jerawat tidak bermunculan, bisa dilakukan langkah-langkah berikut:
1. Bersihkan wajah setiap hari secara teratur, sama seperti kita menggosok gigi dua kali sehari.
2. Gunakan sabun pembersih wajah dua kali sehari. *jangan lupa, sabun yang cocok ama wajah. Jangan termakan iklan! :P*
3. Jangan ragu untuk meminta bantuan (terutama sama dokter jika kita merasa bermasalah banget dengan wajah).
4. Jangan memencet, memegang, atau mengutak-atik jerawat.
5. Jangan harap jerawat akan hilang dalam semalam. Kalau kita merawatnya dengan baik (gunakan obat atau perawatan yang benar), jerawat enggak akan lama "bersarang" di wajah kita.

Ada beberapa mitos tentang jerawat, diantaranya:

Mitos: Jerawat dipengaruhi makanan
Fakta: Masih terdapat banyak perdebatan tentang pengaruh makanan dan minuman -- misalnya cokelat, makanan pedas merangsang (misalnya masakan bercabai), ikan laut dan minuman bersoda -- terhadap tumbuhnya jerawat. Sejauh ini diyakini jerawat tidak disebabkan oleh makanan, namun penderita jerawat memang dianjurkan makan makanan secara seimbang dan selalu mengkonsumsi sayur dan buah. Jadi, boleh saja makan cokelat atau kacang, selama itu tak memperparah jerawat kita.

can i say: "Horeeee...!"? :D

Mitos: Jerawat dipengaruhi musim (iklim).
Fakta: Istilah 'musim jerawat' memang tidak pernah ada. Namun iklim yang panas dan lembab memang akan merangsang kelenjar sebasea untuk berproduksi lebih banyak.

Mitos: Pemakaian kosmetik memicu jerawat.
Fakta: Tidak selalu. Untuk menghindari kulit berjerawat, yang sebaiknya dihindari adalah kosmetik yang berbentuk krim. Artinya, kosmetik bentuk lain tak dikhawatirkan memicu jerawat. Yang pasti, usai memakai kosmetik atau riasan wajah, permukaan kulit harus dibersihkan secermat mungkin sampai tak ada lagi sisa-sisa kosmetik yang menyumbat pori-pori kulit. Bila tidak, kosmetik memang secara tidak langsung bisa menjadi pencetus jerawat.

Mitos: Jerawat disebabkan kulit kotor.
Fakta: Jerawat adalah kondisi yang terjadi pada kulit yang melibatkan hormon tubuh. Tak peduli seberapa sering mencuci wajah, kita tidak dapat bebas sepenuhnya dari jerawat jika pemicunya adalah hormon, kecuali mengobatinya. Bahkan kadang kulit yang dibersihkan secara berlebihan malah memperparah jerawat.

sumber:
http://id.wikipedia.org
http://www.herbalremedies.com/acne.html
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0404/30/muda/998194.htm
http://cyberwoman.cbn.net.id/detil.asp?kategori=Health&newsno=319

home

Thursday, July 13, 2006

17 Juni - Jungfraujoch

Yak, sekarang kami akan pergi ke gunung! yihiiiyy...
gunung bersalju! yuhuuu...
setelah selama ini bertanya-tanya seperti apa bentuk salju...

namanya Jungfraujoch (baca: yungfrauyoch) - Top of Europe (3454 m). Ga tau juga kenapa disebut Top of Europe padahal Mont Blanc aja masih lebih tinggi daripada Jungfrau. UNESCO sih yang menetapkan itu. Jadi, tanya ama si UNESCO aja ya! :P

perjalanan dimulai dengan naik bus yang akan membawa kami dari Zurich ke Interlaken (dinamakan Interlaken karena berada di antara dua danau, Brienzersee dan Thunersee).
sebuah daerah tempat pemberhentian sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta. Kebayang ga sih, naik ke gunung pake kereta? setelah diliat, ternyata di rel kereta ada semacam 'gigi' yang nahan kereta itu supaya engga 'jatuh' atau 'kepeleset'. Lumayan lama perjalanannya supaya sampai di Jungfrau itu. Satu kali ganti kereta di Kleine Scheidegg dan dua kali pemberhentian singkat buat ngeliat salju-salju, di Eigerwand dan Eismeer yang perjalanannya itu didalam gunung. menembus gunung gitu.

Selama perjalanan, di dalam kereta ada video yang menceritakan pembuatan tempat wisata Jungfrau ini. Ga terlalu ngerti sih, cuma liat gambar-gambarnya doang, hehe. Ternyata pembuatannya udah lama banget. Beratus-ratus taun gitu.

Sampai di Jungfrau, pertama ke Ice Palace yang ada di dalam gunung. Ice Palace ini kayak terowongan es yang didalamnya ada patung-patung es. Licin banget kalo jalan dan tentu saja, diiingiiiinnn!

Oia, guide tur ini orangnya lucu banget! ekspresif! namanya Kid Saensuk. Orang Thailand. Waktu ngobrol-ngobrol di kereta:

kid: saensuk it's a thai name. saensuk means happiness.
bpk: oh, really? are you happy right now?
kid: oh yes, im happy all the time!

nah, pas di ice palace, kami (yang ikutan tur) semua dikerjain! jadi, setelah foto-foto dengan patung es itu, kami disuruh masuk ke terowongan es yang kecil dan pendek.

"right here, everyone!"

ya ampyuunnn...jalan tuh satu-satu orang, sambil bungkuk-bungkuk. semua orang udah ngomong:

"oh my god...oh my god..."

iya dong, kebayangnya jalan selama di Jungfrau ini kayak begini. gila aja!

waktu udah keluar terowongan, tiba-tiba dari luar pintu keluar terowongan, udah ada mr.kid:

"so, do you like it there?"

heeee...ternyata ada 'jalan biasa' yang engga harus pake acara satu-satu orang plus bungkuk-bungkuk itu tadi! pengen dijitak!

abis gitu ke Plateau. nah, disini baru kita berhubungan langsung dengan dunia luar! bagaimana rasanya? kalo di Ice Palace kan diiingiiiinnn, kalo di Plateau: DUINGUIIIIIIINNNN! dan penuh salju :) tentu saja, satu koma sembilan derajat celcius, saudara-saudara!

ampun, deh. pertama kali keluar, langsung disambut angin yang menepuk-nepuk pipi. udah 3 lapis baju: kaos, sweater berleher, ama jaket (yes, jaket himpunan nyampe top of europe!), masih aja dingin. tangan tuh udah ga berasa. kukunya udah ungu, bukan merah muda lagi. akhirnya, gw bisa merasakan salju! meskipun tangan membeku...

ternyata, salju itu dingin. kayak es. *ya iyalah!*

trus, puas foto-foto, masuk ke dalam lagi. selanjutnya, melaju ke tempat yang lebih tinggi lagi. namanya Sphinx. tingginya 3571 m. Sphinx ini semacam observatorium dan weather station. ada teropong bintangnya juga. sayang ga ngeliat. kami melaju ke Sphinx dengan lift! melaju? ya, bener, melaju sebesar 18 m/s apa 16 m/s ya? lupa. jelas jauh lebih cepat dari lift di Labtek V!

dari brosur tentang Sphinx:
The arrival on the roof of Europe is a truly unique experience! A high-alpine tour, a simple stroll, skiing in eternal snow, the breathtaking views of France, Germany, and Italy from the Sphinx...

brosur itu bohong!

mana? mana? ga keliatan tuh Eiffelnya!
mana? mana? ga keliatan tuh yang lagi main bola!
mana? mana? ga keliatan tuh Pisa-nya!

sejauh mata memandang, hanya salju, salju, salju dan gunung...

selesai foto-foto di Sphinx, lalu makaaaannn. pengen main ski sih, tapi mahal. syusyah. selesai makan, beli souvenir :). selesai beli souvenir, keluar lagi. eh, ada hujan salju! tapi saljunya kecil-kecil. padat. bunyinya: tuk! tuk! tuk!. padahal, kata bapak sih, kalo hujan salju beneran di kota, saljunya kayak kapas. waaaahhhh...

*bertekad akan merasakannya. amiiin.*

selesai sampai disini. udah sore. udah ga ada lagi yang bisa diliat :P
untuk foto-foto bisa diliat di flickr, ya.
selamat menikmati :) *pemandangannya...*

home