Wednesday, September 23, 2009

perahu kertas


satu kalimat setelah selesai baca:
buku ini mengobrak-abrik perasaan.

agak berlebihan? mungkin.
kenapa? kok bisa?
lebih baik baca sendiri :P

beberapa bagian saya banget. menyenangkan.

beberapa kalimat sangat mengena.
menohok.
menghibur. sangat.

mengenai endingnya, saya lebih memilih sampai di bagian Cinta Tak Berujung. cukup sampai di situ. penambahan setelahnya malah membuat buku ini seperti buku-buku lain. biasa dan tertebak.

btw, rumit ya konfliknya. selama ini saya ga pernah mengalami konflik serumit itu. semoga ga kejadian juga sih...

gambar diambil dari http://gramediamatraman.wordpress.com

Sunday, September 20, 2009

ruang

meski dalam satu,
bahu-bahu menyatu,
ruang-ruang tak berpadu

ruang itu ada,
atau
aku, kamu,
kita mengada?

dalam ruang ini
semua seakan berhenti,
tak bergerak, diam.

semoga tidak (sampai) mati.

Sunday, September 06, 2009

di dalam taksi

sopir: kuliah mbak?
penumpang: engga, udah kerja
tampang awet muda emang bisa menipu
sopir: ooo...rumahnya dimana?
penumpang: pondok gede
sopir: orang mana mbak?
penumpang: sayaa..orang padang...
sopir: ooo padang...harusnya manggil uni dong...
penumpang: hehehehe..
sopir: lebaran pulang ke padang ni?
penumpang: engga, keluarga saya disini semua...
sopir: ooo...
diam beberapa saat.
sopir: ah! KD cere juga!
penumpang: iya, beneran ya selingkuhnya pak?
sopir: beneraan! sekali kan ketauan tuh sama anaknya...
penumpang: emang kalo udah nikah godaannya banyak ya pak?
sopir: godaan gimana nih maksudnya?
penumpang: yaa..godaan laki-laki atau wanita lain gitu pak...
sopir: oh, godaan buat laki-laki sih biasanya justru pas sebelum nikah!
penumpang: oh yaaa?
sopir: iya, jadi pas deket-deket mau nikah tuh banyak cewe yang suka, ngedeketin gitu...
penumpang: ooooo...
sopir: kenapa? emang udah punya calon?
penumpang: belum
sopir: ah! masa sih udah kerja masih jomblo?
penumpang: hahahaha...beneran kok paaak..serius iniii...
sopir: uni terlalu milih-milih nih!
penumpang: ya dipilih dong pak, masa mau sama semuanya...
sopir: biasanya padang tuh sama padang lagi...ya ga?
penumpang: oh ya? tapi kalo kayak gitu, pilihannya lebih dikit dong pak!
sopir: saya kasih tau aja ya ni, kalo nolak cowo, jangan karena keluarga dan ekonomi!
penumpang: maksudnya gimana tuh?
sopir: yaaa..misalnya, cowonya punya keluarga besar, uni ga suka, trus uni nolak deh..
sopir: ngomong "keluarga lu besar, gua ga bisa..."
sopir: jangan deh kayak gitu
sopir: laki-laki tuh egois ni..
sopir: mending kalo pas ditolak, hatinya lagi bagus. kalo lagi ga bagus, ujung-ujungnya bisa dipelet!

pelet. hari gini.
penumpang: kalo ekonomi gimana pak?
sopir: kalo ekonomi, cowonya ga berpenghasilan trus ditolak gitu...
penumpang: tapi pak, kalo orangtua pasti kan pertama pertanyaannya, "mau dikasih makan apa anak saya?"
penumpang: gitu kan pak?
sopir: yaaa...yang penting cowonya bertanggung jawab, suka, cinta, kedepannya bisa diatur!
penumpang cuma bisa manggut-manggut.