Saturday, February 03, 2018

30 Hari Bercerita 2018


Di tahun 2018 ini saya ikut kembali 30 Hari Bercerita di Instagram. Awalnya ragu-ragu mau ikutan, dari dua kali ikut rasanya engga optimal. Banyak hari yang terlewat dan banyak rapel tulisan.

Setelah dipikir-pikir, banyak hari yang terlewat karena saya engga punya ide mau nulis apa. Tiba-tiba teringat tips bikin catatan kecil di ponsel untuk ide-ide tulisan yang muncul. Setelah dicoba, beberapa ide tertulis untuk beberapa hari. Akhirnya di detik-detik terakhir memutuskan untuk ikut tantangan ini.

Di akhir-akhir mulai terasa berat karena beban posting tiap hari. Ide-ide mulai menipis. Untuk ide untungnya tertolong dari tantangan tema 30 Hari Bercerita sendiri di hari-hari tertentu. Untuk tantangan tema juga tidak mudah karena tidak terpikir untuk mengembangkan tulisan seperti apa. Saya coba untuk membuat mind map dari tema atau googling tema tersebut. Seperti tema Hoaks yang blank banget. Akhirnya googling malah dapat berita tentang Hoaks Analyzer.

Tidak semua postingan dari catatan ide. Kadang saya posting apa yang terjadi di hari itu. Lumayan untuk nambah-nambah postingan.

Selain ide tulisan, saya pikir yang perlu diperhatikan adalah waktu posting tulisan. Dengan menentukan kapan akan posting tulisan membantu untuk disiplin menulis. Awalnya menentukan waktu istirahat siang untuk posting tulisan atau pagi hari sambil sarapan. Beberapa hari bisa disiplin seperti itu, tapi ada juga kadang di malam hari sebelum tidur.

Sebagian besar tulisan yang saya posting adalah non-fiksi. Terasa lebih mudah dibanding fiksi yang perlu usaha lebih. Kadang tulisannya pendek, kadang panjang. Kalau pendek artinya sedang buru-buru dan ga sempet mengembangkan tulisan. Sekedar menunaikan kewajiban posting saja.

Sedihnya, kali ini engga ada repost tulisan saya oleh 30 Hari Bercerita. Huhuhu. Dibanding sebelumnya yang ada satu kali repost. Padahal di tahun ini lebih niat lho. Hahaha. Yah, emang bukan itu sih tujuan utamanya. Yang penting berhasil menyelesaikan tantangan ini dengan baik dan lebih baik dari sebelumnya. Tetap semangat!


0 komentar: