Friday, October 05, 2018

Skin care on a budget


Setelah terjun ke dunia skin care dalam beberapa tahun ini, ternyata skin care ini sama ratjunnya seperti hal-hal syahwat lainnya, bikin kantong bolong! #sobatmisqueen. Seperti pada ratjun-ratjun lainnya, produk skin care juga memiliki range harga yang beragam. Apalagi ada rupa, ada harga. Semakin mahal skin care, semakin kelihatan hasilnya. Kalau kalap, bisa-bisa budget yang lain juga kemakan *ups*But worry not, berdasarkan pengalaman yang masih seuprit ini, ada tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan dompet #sobatmisqueen!

1. Urut produk dari harga terendah ke tertinggi
Trik ini perlu usaha yang cukup besar untuk survei harga produk-produk incaran. Dari produk lokal atau luar, produk yang dijual bebas di toko atau tempat tertentu, produk organik, dan lain-lain. Kita bisa buat daftar produk yang ingin kita gunakan dan urutkan harganya mulai dari yang terendah. Dengan harapan kalau produk dengan harga yang rendah kulit kita sudah cocok, berarti alhamdulillah, dompet lebih aman. :D

2. Sample/mini size/travel size/trial kit is your best friend!
Sekarang banyak sekali dijual skin care berukuran kecil cimit-cimit. Skin care berukuran kecil ini cocok sekali kalau kita ingin coba-coba dulu. Kalau cocok, bisa beli ukuran aslinya atau kalau mau beli yang kecil terus, engga ada yang melarang juga kok! :D

3. DIY Sheetmask
Kalau sudah pakai sheetmask, jangan langsung buang sisa essence-nya. Ada beberapa sheetmask yang saking banyak sisa essence-nya, bisa digunakan untuk sheetmask kedua. Cara pertama, untuk sheetmask kedua bisa menggunakan compressed sheetmask yang dibeli sendiri (saya beli di Minis*) dan dicampur dengan sisa essence. Kalau sisa essence terlalu sedikit, saya kadang tambahkan hydrating toner supaya agak banyak cairan yang diserap sheetmask dan lebih nempel di wajah. Cara kedua, kalau kehabisan sheetmask, saatnya pakai Chizu Saeki Method (CSM)! Pakai kapas yang dituangkan essence (dan toner, kalau kurang) dan ditempelkan ke bagian-bagian wajah, seperti pipi, kening, dagu, atau bagian lain yang bermasalah.

4. Preloved
Selain jualan preloved baju, sekarang banyak juga yang menjual preloved skin care. Kebanyakan alasan utama skin care tersebut dijual ya karena setelah dicoba pakai engga cocok di wajah. Kesempatan emas untuk membeli produk incaran dengan harga yang murah! Saat beli preloved skin care ini perlu diperhatikan tanggal kadaluarsa dan higienitas produk. Kalau preloved skin care saya lebih memilih untuk produk dengan kemasan botol atau pump karena higienitasnya bisa lebih terjaga dibanding produk dengan jar.

5. Share in Jar/Bottle
Yang marak dalam dunia per-skin care-an saat ini adalah sharing skin care di botol atau kontainer kecil. Cocok untuk produk-produk yang belum ada sample atau mini size-nya. Jenis ukuran botol atau kontainer juga banyak, bisa disesuaikan dengan budget dan keinginan. Perlu dipastikan juga higienitas dari kontainernya, pilih penjual yang juga perhatian terhadap hal ini.

6. Modis
Alias modal diskon! Kalau yang ini harus selalu sigap dalam mencari info-info diskon produk yang kita incar. Ikuti akun-akun sosial media produk dan toko-toko online supaya engga ketinggalan informasinya.

Engga susah kan untuk menyelamatkan dompet dari keratjunan skin care ini? Siapkan budgetnya dan selamat berburu skin care! :)

0 komentar: